Tumbuh di Papua, Pisang Musa Ingens Jadi Pisang Terbesar di Dunia

Tumbuh di Papua, Pisang Musa Ingens Jadi Pisang Terbesar di Dunia

Pisang Musa Ingens pertama kali ditemukan pada tahun 1954, kemudian seorang profesor dan peneliti bernama Jeff Daniels menemukan pohon ini kembali tahun 1989 silam. Pohon Musa Ingens pertama ditemukan di Kabupaten Fakfak, Papua.

Temuan ini sontak membuat publik dunia heboh. Berdasarkan tampilan fisiknya, pisang musa ingens dinobatkan sebagai pisang terbesar di dunia. Dalam sebuah penelitian diungkapkan tinggi pohon ini bisa mencapai 30 meter. Tak hanya pohonnya yang tinggi menjulang, namun daunnya juga punya panjang mencapai 5 meter dengan lebar sekitar 1,60 meter.

[ Baca Juga: Meski Terlihat Sama, Ternyata Ada 3000 Jenis Kurma di Dunia ]

Selain pohon dan daun pisang yang berukuran besar, buahnya pun juga super besar. Berat satu tandan pisang bisa mencapai 30 kg-60 kg. Satu buah pisang musa ingens memiliki panjang 18-20 cm dengan diameter 3-4 cm. Tentu saja ukuran ini jauh berbeda dengan buah pisang biasa.

Saking besarnya, satu buah pisang Musa Ingens bisa dimakan hingga 5-8 orang. Beberapa orang menyebut buah pisang ini dengan sebutan Pisang Tongka Langit.

Buahnya berukuran besar dengan kulit berwarna kuning emas saat sudah matang. Beberapa pisang juga dikabarkan punya kulit berwarna merah tembaga. Karena ukurannya besar, banyak yang menyamakan pisang ini seukuran anak bayi.

Sumber: Detikcom

Tags: Info Kuliner, Papua, Pisang, Pisang Terbesar

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares