Tersebar di WAG, Benarkah Tisu Basah Bisa Gantikan Masker yang Sedang Langka?

Tersebar di WAG, Benarkah Tisu Basah Bisa Gantikan Masker (2)

Sejak beredarnya wabah virus Corona atau Covid-19, masker jadi barang yang susah dicari. Bahkan sejak pengumuman 2 warga Depok yang positif Corona oleh Presiden Jokowi, masker semakin langka dan harganya terbilang naik 10 kali lipat.

Ada beberapa pihak yang mencoba menimbun pasokan masker, dan pihak kepolisian sudah berhasil amankan ratusan ribu masker yang ditimbun di wilayah Tangerang, Banten.

[ Baca Juga: Fenomena Aneh, Salju ‘Darah’ Selimuti Sebagian Wilayah Antartika ]

Karena langkanya dan mahalnya masker, beredar video di WhatsApp Grup yang menjelaskan bahwa tisu basah bisa menjadi alternatif masker yang susah dicari.

Video tersebut juga diunggah oleh akun Instagram @jakarta.coverbothside pada Senin (2/3/2020), dalam unggahan tersebut berisikan caption sebagai berikut:

“Alternatif menyiasati kelangkaan masker terkait virus Corona. Tetap tenang. Jangan panik. Jaga kebersihan. Ikutin instruksi pemerintah!

Benarkah tisu basah bisa menjadi masker alternatif? Apakah tidak berbahaya bagi kesehatan? Nah berikut penjelasanya yang rangkum dari turnbackhoax.id.

Penjelasan

Pada video yang viral tersebut, terlihat seorang wanita yang sedang menunjukkan cara membuat masker alternatif dengan menggunakan tisu basah.

Melansir dari turnbackhoax.id, Rabu (4/3/2020) menjelaskan bahwa tisu basah menjadi masker alternatif merupakan hal keliru dan tidak dianjurkan oleh ahli medis.

Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni menjelaskan bahwa pengguna tisu basah justru akan mempermudah partikel-partikel udara menempel pada bagian kulit yang dengan tidak sengaja bisa terhirup.

” Tisu basah didesain bukan untuk masker, tapi didesain untuk membasmi bagian tubuh yang rentan terkontaminasi. Itu kan ada alkoholnya, lengket terhadap partikel-partikel yang berterbangan di udara, malah bisa terhirup sama kita. Dianjurkan menggunakan masker bedah biasa,” kata Busroni seperti dikutip dari Suara.com.

sumber: turnbackhoax.id dan suara.com

Tags: Hoax, Langka, Terkini, Tisu Basah, Viral, WAG

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares