HUT Korpri! Ternyata Inilah Sosok PNS Pertama di Indonesia

Ternyata Inilah Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama Indonesia

HUT ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada Jumat (29/11/2019) ada yang menarik perhatian warganet. Bukan dari acara ataupun seragam baru Korpri.

Tapi Pemda Jogja menunjukkan kartu Pegawai Negeri Sipil (PNS) pertama di Indonesia. Sosok PNS pertama tersebut ternyata orang yang juga dihormati se-Jogja.

[ Baca Juga: Kenalan dengan 7 Staf Khusus Presiden dari Kalangan Milenial ]

Sosok itu adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, terbukti dari foto kartu PNS dengan nama Hamengkubuwono IX yang diunggah oleh akun Twitter resmi Humas Pemda Jogja, Jumat (29/11).

“Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001. Apakah sedulur sudah siap untuk mengabdi dan menjadi ASN di Pemda DIY?,” tulis @humas_jogja.

Dari nomor NIP yang dimiliki Sri Sultan Hamengkubuwono IX bmerupakan NIP PNS pertama yang diberikan. Dan kartu tersebut di tandatangani oleh Kepala Badan Administrasi Kepegawaian A.E. Manihuruk pada 1 November 1974.

Selain itu, pada kartu tersebut juga tercantum beberapa informasi yang menarik adalah tanggal lahir Sri Sultan Hamengkubuwono IX, 12 April 1912.

Selain menjadi PNS pertama di Indonesia, ternyata Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia yang kedua pada tahun 1973 dan 1978.

Dan juga Sri Sultan Hamengkubuwono IX dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Dedikasinya terhadap pendidikan kepramukaan membuatnya meraih Bronze Wolf Award dari World Organization of the Scout Movement (WOSM) pada tahun 1973, dikutip Suara.com.

Tags: ASN, HUT Korpri, Nasional

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares