Ternyata Beda Usia Beda Nominal Angpao Imlek yang Diberikan

Ternyata Beda Usia Beda Nominal Angpao Imlek yang Diberikan

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi orang Tionghoa. Imlek kali ini jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, dan yang paling dikenal dari perayaan Imlek adalah bagi-bagi Angpao.

Memberi angpao adalah tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan tahun baru Imlek. Tujuannya untuk menumbuhkan semangat pada generasi muda. Bisa jadi momen pemberian angpao adalah hal yang paling dinanti saat tahun baru Imlek tiba.

[ Baca Juga: Imlek Tak Lepas Dari 4 Makanan Ini, Berikut Makna dari Makanan Tersebut ]

Berikut ini adalah panduan jumlah uang yang bisa Anda masukkan ke dalam setiap angpao.

1. Bayi dan balita (0 – 3 tahun)

Memberi angpao kepada bayi dan balita biasanya hanya sebuah formalitas. Pada akhirnya uang tersebut akan digunakan oleh orangtua si bayi, jadi tidak perlu terlalu besar. Sejumlah Rp5000-10.000 juga sudah cukup.

2. Anak kecil (4 – 11 tahun)

Anak usia ini sudah mulai mengerti kegunaan uang untuk jajan. Namun tentunya belum bijak mengatur keuangan. Sehingga tidak perlu terlalu banyak memberi angpao pada mereka. Nominal yang diberikan cukup sebesar Rp10.000-50.000.

3. Remaja (12 – 17 tahun)

Usia remaja keinginan untuk belanja sedang tinggi-tingginya. Biasanya jika Anda memberi angpao dengan jumlah uang kecil dia akan cemberut. Karenanya, angpao untuk mereka boleh sedikit diperbanyak, tapi jangan terlalu besar juga. Sebab pastinya masih banyak kerabat lain yang harus diberi angpao. Angpao untuk remaja cukup sejumlah Rp50.000-100.000 per orang.

4. Anak kuliahan (18 – 22 tahun)

Semakin dewasa tentunya kebutuhan semakin banyak, apalagi anak kuliahan yang butuh banyak uang untuk keperluan kuliah juga nongkrong bersama teman. Karena itu, jumlah angpao untuk mereka, sebesar Rp100.000-200.000 sudah cukup membuat mereka bahagia.

5. Orang dewasa dan sudah bekerja (23 – 29 tahun)

Meskipun sudah dikategorikan orang dewasa, namun kelompok usia ini biasanya belum mapan. Apalagi jika belum menikah atau baru mulai bekerja. Sehingga masih membutuhkan dukungan keuangan. Angpao dengan isi sebesar Rp200.000-500.000 terbilang cukup untuk mereka.

Sumber: Theasianparent.com

Tags: Budaya, Imlek

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares