Terjaring Razia, Pengemis Ini Punya Uang Hingga Ratusan Juta

Terjaring Razia, Pengemis Ini Punya Uang Hingga Ratusan Juta

Dinas Sosial Jakarta kembali melakukan razia pengemis beberapa waktu yang lalu. Banyak yang terjaring, tapi ada yang menarik seorang pengemis bernama Muklis Muchtar Besani yang pernah terjaring tahun 2017 lalu kembali terjaring razia saat mengemis di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Tak sampai disitu, Muklis yang terjaring razia petugas membawa uang yang nilainya cukup fantastis, yaitu senilai Rp194,5 juta di dalam tas miliknya. Tentu saja petugas dinas sosial kaget dengan sejumlah uang yang dimiliki Muklis.

[ Baca Juga: Lagi! Pengemis Kaya Terjaring Razia ]

Melansir Kompas.com, Sabtu (30/11/2019), seorang pengemis bernama Muklis Muchtar Besani (65) dijaring oleh petugas dari Suku Dinas Sosia Jakarta Selatan, pada Jumat (29/11/2019). Saat diperiksa petugas, di dalam tasnya ada uang tunai total Rp194,5 juta.

“Tertangkap sedang mengemis di salah satu tempat di kawasan Gandaria, Ketangkep jam 9.30,” ujar Plt Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan Mursyidin dikutip Tribunnews.

Kakek ini tampaknya tak juga kapok setelah pernah terjaring razia pada dua tahun yang lalu. Pada saat itu, Muklis dibawa ke dinas sosial untuk dibina. Pada 2017 silam, petugas menemukan uang senilai Rp86 juta di tas milik Muklis yang dihasilkan dari mengemis di jalanan ibukota.

“Sejak 2017 sudah ngemis. Kan pernah ditemukan juga, jadi dia punya uang kurang lebih Rp86 juta,” tambah Mursyidin.

Meski telah diberi himbauan dan pembinaan, Muklis tetap mengemis hingga kembali terjaring di kawasan Gandaria untuk kedua kalinya. Tak tanggung-tanggung, saat diperiksa petugas, Muklis dipergoki membawa uang hingga Rp194,5 juta dari hasil mengemis.

Uang Rp194,5 juta tersebut terdiri dalam beberapa pecahan Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000.

Itu uang dari hasil dia mengemis. Pengakuannya jika mendapat sekian puluh ribu dia tukar. Jadi itu hasil mengumpulkan dari uang Rp86 juta itu, imbuh Mursyidin.

“Yang bersangkutan saat ini berada di Panti Bina Insan Bangun Daya 1 di Kedoya, Jakarta Barat,” ujar Kepala Dinsos DKI Jakarta Irmansyah kepada wartawan, Sabtu (30/11/2019) dilansir Detik.com.

Sebelum diamankan, dinas sosial mengawasi Muklis saat berkunjung ke Bank BNI cabang Pondok Indah Arteri, Kebayoran Lama. Menurut pengakuan petugas bank, Muklis rutin datang seminggu sekali ke bank untuk menukarkan uang.

Tags: Jakarta Selatan, Pengemis, Ratusan Juta, Razia

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares