Tahun 2020 Microsoft Stop Dukungan ke Windows 7, Pengguna Wajib Upgrade

Tahun 2020 Microsoft Stop Dukungan ke Windows 7

Komputer atau laptop kamu masih menggunakan sistem operasi Windows 7? Sebaiknya mulai tahun 2020 kamu mesti waspada. Karena secara resmi Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows 7 mulai 14 Januari 2020.

Pihak Microsoft sendiri sudah mengingatkan berkali-kali untuk beralih ke sistem operasi diatas Windows 7, seperti Windows 8 dan Windows 10.

[ Baca Juga: Keren, Desa di Banyumas Gunakan Teknologi QR Code Untuk Transparansi Dana ]

“Setelah 10 tahun melayani Windows 7, 14 Januari 2020 adalah hari terakhir Microsoft akan menawarkan pembaruan keamanan untuk komputer yang menjalankan Windows 7. Pembaruan ini sebagai pengingat bahwa dukungan Windows 7 segera berakhir,” dikutip Tirto.id dari laman Micosoft, Kamis (21/3).

Dampaknya bila kamu masih menggunakan sistem operasi Windows 7 setelah tanggal 14 Januari 2020 adalah ancaman bagi keamanan pengguna. Seperti terkena infeksi malware atau menjadi sasaran hacker lantaran celah keamanan tidak dijaga dan diperbaiki lagi oleh Microsoft.

Windows 7 sendiri sudah cukup lama beroperasi yakni 1 dekade, tepatnya diperkenalkan pada tahun 2009 silam. Melansir laman TechCrunch, Windows 7 saat ini masih menguasai 40 persen pangsa pasar penggunaan komputer desktop.

Microsoft berhenti berikan dukungan terhadap sistem operasi Windows 7 tidak berarti sistem operasi tersebut tidak bisa digunakan. Windows 7 akan terus berfungsi dan masih bisa digunakan. Hanya saja dari segi keamanan pengguna bisa berbahaya dari berbagai ancaman seperti ditulis diatas.

Windows 10

Sejak kehadiran sistem operasi terbaru milik Microsoft ini pada pertengahan tahun 2015 lalu, masih belum bisa mengalahkan popularitas pendahulunya Windows 7.

Namun, dipenghujung tahun 2018 Windwos 10 akhirnya berhasil melewati Windows 7, dari segi penggunaan. Bahkan pengguna Windows 7 dilaporkan berada dibawah Windows 10. Tercatat sudah kehilangan penggunanya, bahkan pengguna Windows 7 masih mencapai angka 184 juta hanya dari jajaran produk komersil saja atau yang digunakan di kantor.

Tags: Microsoft, Sistem Operasi, Teknologi, Windows 10, Windwos 7

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares