Pusentasi, Sumur Raksasa Pertama di Dunia Ini Ada di Sulawesi Tengah

Sumur Raksasa Pertama di Dunia Ini Ada di Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah memiliki objek wisata yang unik, yakni Sumur. Namun tak seperti sumur biasa, sumur raksasa ini bernama Pusentasi. Objek wisata ini terbilang cukup langka di dunia, hanya beberapa negara saja yang memiliki sumur raksasa ini.

Sumur yang berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah itu bernama Pusentasi yang berasal dari bahasa Kaili atau suku asli Sulawesi tengah, “Pusen” punya arti pusat, sedangkan “Tasi” berarti laut.

[ Baca Juga: Keren, Lift Kaca Tertinggi Ada di China Hingga Mencapai 300 Meter ]

Pusentasi atau yang lebih dikenal dengan Pusat Laut Donggala adalah sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dan memiliki kedalaman 7 meter. Saat masuk, kamu akan merasakan air yang jernih dengan warna yang sangat biru layaknya air laut.

Kabarnya, terdapat semacam lubang atau terowongan yang menghubungkan pusat laut Donggala dengan pantai, karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Maka tak heran, jika air di Pusat Laut Donggala asin dan mengalami pasang surut. Sumur raksasa ini disinyalir sebagai sumur raksasa pertama di dunia.

Keunikan lain yang dimiliki Pusentasi adalah ketika air laut surut maka air sumur akan naik atau pasang. Demikian pula sebaliknya, bila air sumur surut makan air laut pasang.

Sumur ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan Pusentasi merupakan salah satu dari lima objek wisata yang layak diposting di Instagram atau cocok untuk dijadikan spot swafoto.

Untuk mencapai Putensi, wisatawan tidak perlu merasa kesulitan. Karena jaraknya hanya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Kabupaten Donggala. Bisa dicapai selama 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi dari Palu.

Pengelola Pusentasi juga telah menyediakan beberapa fasilitas seperti tangga untuk para pengunjung turun dan berenang di sumur yang memiliki air jernih berwarna biru ini.


Tags: Donggala, Info Travel, Pusentasi, Sulawesi Tengah, Sumur Laut, Sumur Raksasa, TRAVEL

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares