Siasati Cuaca yang Panas, Qatar Cat Jalan Aspalnya Jadi Biru

Siasati Cuaca yang Panas, Qatar Cat Jalan Aspalnya Jadi Biru

Biasanya jalanan aspal di depan rumah, jalan gang, jalan tol, ataupun jalan raya berwarna hitam. Karena warna hitam sendiri merupakan warna dari aspal sebagai bahan utama untuk jalan.

Tetapi tidak dijalanan Qatar yang jalanannya tidak berwarna hitam, melainkan warna biru muda. Kok beda sih dari jalanan biasanya, apa maksudnya Qatar mengecat jalanan aspalnya?

[ Baca Juga: Para Tamu Undangan Disemprotkan Hand Sanitizer Sebelum Salaman Dengan Pengantin ]

Warna biru bisa kita temukan di The Abdullah bin Jassim Street. Ini adalah jalan tersibuk di Doha yang merupakan ibu kota dari Qatar. Bukan tanpa alasan, pemerintah setempat memang sengaja menggunakan warna biru untuk menyiasati panas. Qatar dikenal sebagai negara dengan suhu terpanas di dunia.

Belum lagi dalam beberapa waktu belakangan, udara di Qatar menjadi sangat ekstrem. Suhunya bisa mencapai 46 derajat Celsius. Warna biru muda atau biru laut bisa menurunkan suhu pada lapisan aspal hingga 15-20 derajat Celsius. Ini merupakan ide yang digagas Insinyur Saad Al Dosari.

Saad mengatakan warna hitam membuat suhu pada jalan raya 20 derajat lebih tinggi dari suhu udara di sekitarnya. Sebab, hitam merupakan warna yang bisa menyerap panas. Kondisi itu membuat tidak nyaman dalam berkendara. Orang cenderung cepat merasa gerah dan bisa mengalami dehidrasi cukup tinggi. Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya bagi pengendara.

Tags: Cuaca Panas, Jalanan Biru, Qatar, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares