Siap-siap Gas Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp35.000 Pertengahan Tahun 2020

Siap-siap Gas Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp35.000 Pertengahan Tahun 2020

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak lagi memberikan subsidi kepada Elpiji 3 kilogram pada semester II tahun 2020 ini.

Mengutip CNBC Indonesia, subsidi tidak lagi diberkan, namun langsung pada masyarakat yang berhak. Dengan demikian harga tabung 3 kilogram yang dijual akan disesuaikan dengan harga pasar.

[ Baca Juga: Bunyikan Klakson Sembarangan Bisa Kena Denda Hingga Puluhan Juta ]

Kebijakan ini akan dilakukan pada pertengahan tahun ini, dan diharapkan subsidi gas Elpiji 3 kilogram bisa lebih tepat sasaran langsung kepada masyarakat penerima manfaatnya yakni masyarakat miskin.

(Foto: Infografis CNBCIndonesia/Subsidi LPG 2018 Capai Rp 64 T/Arie Pratama)

Namun masyarakat kurang mampu akan tetap mendapatkan harga ‘spesial’. Pasalnya, mereka akan tetap mendapatkan subsidi yang diberikan langsung dengan cara ditransfer.

Berdasarkan survei Kementerian ESDM, rata-rata masyarakat miskin menggunakan 2-3 tabung gas Elpiji 3 kilogram per bulannya. Dengan begitu, pembelian tabung keempat dan seterusnya oleh masyarakat miskin tak lagi disubsidi.

“Misalnya dia beli 3 tabung subsidi Rp100.000 dan bank transfer ke nomor penerima. Nanti bisa dicek rata-rata kebutuhan orang miskin 3 tabung. Kalau beli lebih dari 3 tabung bisa kelihatan berhak atau nggak,” ujar Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020) seperti dikutip Detik.com.

Sekjen ESDM Ego Syahrial menungkapkan alasan di balik rencana pencabutan subsidi pada tabung Elpiji 3 kilogram tersebut.

“Pemerintah, kita, ingin mengendalikan ya karena itu salah satu kontribusi subsidi terbesar di republik ini,” ujarnya Rabu (15/1/2020) dikutip dari CNBC Indonesia.

Jika dihitung harga tabung LPG 12 kg mencapai Rp139.000, maka per kilogramnya gas mencapai Rp11.583. Dengan angka tersebut, harga tabung LPG 3 kilogram bisa mencapai Rp35.000. Ini naik signifikan jika dibanding harga sebelumnya yang berkisar Rp18.000 sampai Rp21.000.(Berbagai Sumber).

Tags: Elpiji 3 Kg, Rakyat Miskin, Tabung Gas, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares