Selain Enak, Terong Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Selain Enak, Terong Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Terong jika diolah dengan baik memiliki rasa yang nikmat, seperti di goreng, disambal dan juga disayur. Tak hanya enak, terong juga memilii banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Warna ungu yang dimiliki terong bersifat antioksidan yang akan memberikan perlindungan dari obestitas. Antioksidan ini juga baik untuk menangkal radikal bebas

[ Baca Juga: 8 Tips Agar Kamu Enggak Rugi Saat Makan di Restoran All You Can Eat ]

Selain itu, terong juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang menjadi penyebab penuaan dini. Sehingga konsumsi terong dapat terhindar dari penyakit neuordegeneratif seperti Alzheimer.

Bagi ibu yang sedang hamil, terong juga bisa dikonsumsi karena mengandung asam folat yang akan membantu untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

Manfaat lain dari konsumsi terong ialah melindungi dari penyakit jantung karena mengandung antosianin. Selain itu terong juga baik untuk kesehatan pencernaan, karena kandungan karbohidratnya yang rendah.

Memiliki serat yang tinggi dan juga kandungan kalori yang rendah, membuat terong bisa dijadikan makanan yang ideal untuk yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Terong ungu juga bisa menjaga kesehatan otak, komponen antioksidan di dalam terong juga disebut berpotensi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar alira darah ke otak.

Risiko

Namun meski memiliki rasa yang enak jika diolah dengan tepat dan berbagai manfaat, terdapat risiko kesehatan yang bisa saja muncul. Ada beberapa gangguan jika mengkonsumsi terong ungu berlebihan, seperti mengganggu penyerapan zat besi.

Karena dalam terong, terdapat komponen bernama nasunin yang dapat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel. Nasunin berdampak baik bagi orang yang memiliki kelebihan zat besi, tapi sebaliknya tidak baik dikonsumsi orang yang kekurangan zat besi jika terlalu banyak.

Tags: Info Kuliner Sehat, Manfaat, Terong Ungu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares