Para Ahli: Satu Orang Lakukan Social Distancing Bisa Cegah 59.000 Infeksi Covid-19

Satu Orang Lakukan Social Distancing Bisa Cegah 59.000 Infeksi Covid-19

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, jutaan orang di seluruh dunia dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah, bekerja di rumah dan memberlakukan social distancing.

Meski sudah ada himbauan dari berbagai negara, PBB, bahkan pemerintah setempat masih ada orang-orang yang tidak mengikuti himbauan ini dengan berbagai alasan.

[ Baca Juga: Sebanyak 270 Dus Masker Hilang di Gudang Farmasi RSUD Cianjur ]

Untuk mereka yang menyepelekan hal tersebut mungkin tidak mengerti apa manfaat dan dampaknya ketika social distancing ini dilakukan disaat wabah virus Corona atau Covid-19 ini.

Seorang profesor dan spesialis perawatan intensif, Profesor Hugh Montgomery telah memberikan penjelasan tentang pentingnya untuk melakukan social distancing dan tetap berada di dalam rumah di masa seperti ini.

Profesor Hugh Montgomery mulai dengan merangkum apa yang akan terjadi jika semisal dia terserang flu. Maka rata-rata, ia akan meneruskannya ke 1,3 atau 1,4 orang lainnya.

Jika kemudian mereka menularkannya ke 1,4 orang itu lalu terjadi 10 kali, maka ia bertanggung jawab atas 14 kasus flu.

Namun, seperti yang diketahui Covid-19 tidak seperti flu dan sangat-sangat menular. Dia menjelaskan, setiap orang yang terkena Covid-19 rata-rata akan menularkannya kepada tiga orang.

“Perbedaan itu kedengarannya tak terlalu jauh, tapi jika ketiga orang itu menularkan ke tiga orang lain, dan terus berlanjut 10 kali, aku akan bertanggung jawab telah menginfeksi 59.000 orang,” katanya.

Oleh karena itu, satu orang yang mempraktikan social distancing bisa mencegah 59.000 infeksi Covid-19, itu dilakukan dengan tetap berada di dalam rumah sesering mungkin dan menghindari kontak sosial secara langsung.

Simak langsung deh penjelasan dari Profesor Hugh Montgomery dibawah ini:

sumber: hai.com

Tags: Ahli, Info Kesehatan, Sehat, Social Distancing

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares