Remaja Ini Bawa Sendiri Jenazah Ibunya Sejauh 5 Kilometer Dengan Sepeda

Remaja Asal India Bawa Sendiri Jenazah Ibunya Sejauh 5 Kilometer

Seorang remaja berusia 17 tahun bernama Saroj membawa jenazah ibunya ke peristirahatan terakhir sejauh 5 kilometer menggunakan sepeda seorang diri.

Remaja dari Karlabahali, Odisha, India ini terpaksa berjalan sejauh 5 kilometer bersama jenazah ibunya karena tetangganya menolak membantu pemakaman sang ibu, seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (18/1/2020).

[ Baca Juga: Karena Kecopetan, Ayah dan Putrinya Terpaksa Jalan Kaki ke Jawa Timur ]

Saroj membawa jenazah ibunya ke hutan, disana ia menggali kubur sendirian dan menguburkan sang ibu tanpa bantuan dari tetangga dan orang lain.

Kronologi

Peristiwa tragis ini berawal dari sang ibu yang bernama Janki (45), tiba-tiba pingsan dan meninggal saat berjalan untuk mengambil air. Saroj sempat minta bantuan kepada tetangga untuk mengkremasi ibunya.

Tapi mereka menolak karena Saroj dan ibunya berasal dari kasta yang lebih rendah dari para tetangganya. Sistem kasta di India sendiri sudah berusia lebih dari 3.000 tahun.

Orang-orang Hindu dibagi menjadi kelompok-kelompok hierarkis yang kaku berdasarkan pada karma (pekerjaan) dan dharma (kata Hindu untuk agama).

Sistem kasta masih banyak digunakan di desa-desa terpencil di India. Padahal konstitusi India telah melarang diskriminasi berdasarkan kasta sejak tahun 1950.

Kini Saroj menjadi anak yatim piatu, karena ayahnya telah meninggal ketika ia berusia tujuh tahun.

Sumber: Suara.com

Tags: Bawa Jenazah, India, Miris, Pemakaman

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares