Pakar Kesehatan: Pasien Positif Covid-19 Yang Meninggal Tak Tularkan Penyakitnya

Pasien Positif Covid-19 Yang Meninggal Tak Tularkan Penyakitnya

Para Pakar Kesehatan yang juga menjadi Koordinator Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa pasien yang meninggal dunia akibat terjangkit virus corona tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang lain.

Melalui konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (26/3/2020), Wahyuhadi mengatakan bahwa virus akan mati jika orang yang terinfeksi tersebut telah meninggal.

[ Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Presiden Rusia Desak Warganya Tetap di Rumah ]

“Setiap virus hanya bisa hidup dengan cara menumpang pada sel manusia. Maka ketika pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia, virus yang ada di dalam tubuhnya ikut mati,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa pedoman dan prosedur penanganan jenazah yang meninggal akibat Covid-19 yaitu dengan memasukannya ke kantong plastik. Dan sebelum dimakankan, pasien tersebut juga disemprotkan disinfektan.

“Harus dimasukkan ke kantong plastik karena tidak boleh ada cairan keluar dari tubuh pasien COVID-19 yang meninggal dunia,” ucap Direktur Utama RSUD dr Soetomo itu seperti dikutip dari Indonezone.id.

“Sebenarnya, kalau pedoman ini dijalankan tidak ada masalah bagi orang lain, seperti keluarga atau para tetangganya turut mengantar ke pemakaman,” tambahnya.

Korban

Melansir dari Antara, tercatat dari hari Kamis (26/03/2020), total positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 893 kasus atau bertambah 103 kasus, sementara ada 78 orang yang meninggal dan 35 orang yang sembuh.

Gugus Tugas merincikan data positif COVID-19 di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh satu kasus, Bali sembilan kasus, Banten 67 kasus, DI Yogyakarta 16 kasus, DKI Jakarta 515 kasus.

Selanjutnya di Jambi satu kasus, Jawa Barat 78 kasus, Jawa Tengah 40 kasus, Jawa Timur 59 kasus, Kalimantan Barat tiga kasus, Kalimantan Timur 11 kasus, Kalimantan Tengah enam kasus dan Kalimantan Selatan satu kasus.

Kemudian di Kepulauan Riau lima kasus, NTB dua kasus, Sumatera Selatan satu kasus, Sumatera Barat tiga kasus, Sulawesi Utara dua kasus, Sumatera Utara delapan kasus, Sulawesi Tenggara tiga kasus.

Selain itu tercatat 27 kasus di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah satu kasus, Lampung tiga kasus, Riau dua kasus, Maluku Utara dan Maluku masing-masing satu kasus serta tujuh kasus positif di Papua.

sumber: indozone.id dan Antara

Tags: Covid-19, Info Kesehatan, Pakar, Virus Corona

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares