Mangkok Ayam yang Legendaris, Ternyata Sudah Ada Sejak Dinasti Ming

Mangkok Ayam yang Legendaris, Ternyata Sudah Ada Sejak Dinasti Ming

Mangkok dengan motif ayam jago berwarna merah hitam dan sebuah tanaman di depannya ini sangat legendaris di Indonesia.

Sampai hari ini masih banyak abang-abang tukang bakso yang menggunakan mangkok ayam atau jangan-jangan mangkok ini juga ada di rumah kamu sendiri.

[ Baca Juga: Akibat Sering Makan Mie Instan dan Begadang, Pria Ini Idap 16 Penyakit ]

Usut punya usut mangkok ayam ini bukan cuma tenar di Indonesia tapi juga di daerah Asia lainnya. Ternyata pembuatan mangkok ayam keramik ini bermula di era Dinasti Ming, pada masa pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487 M).

Menurut sejarah kaisar pada saat itu memesan mangkuk keramin dengan motif ayam jantan dan ayam betina kepada pengrajin keramik di daerah Jingdezhen (Provinsi Jiangxi).

Daerah itu sejak abad ke-6 memang terkenal dengan kualitas keramiknya. Kaisar meminta dibuatkan mangkuk itu khusus untuk dirinya dan ratu sebagai tanda cinta.

Mangkuk ini dikenal dengan sebutan ‘Jigangbei’ yang artinya ‘mangkuk ayam’. Sejak itu mangkuk ini pun digemari dan diproduksi secara massal di masa pemerintahan Dinasti Qing.

Mangkuk dengan gambar ayam jantan ini konon melambangkan kerja keras demi kesejahteraan. Sekitar awal abad ke-20, ‘Jigangbei’ mulai dibawa ke beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Tags: Bakso, Legenda, Mangkok Ayam, Mie Ayam, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares