Ketahui 5 Efek Buruk Minuman Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Efek Buruk Minuman Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Ingat, terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa memberikan efek buruk jangka panjang pada tubuh. Sedikit minuman alkohol saja bisa mempengaruhi sistem dalam tubuh.

Seperti dilansir dari Conehealth, inilah 5 efek buruk minuman alkohol bagi tubuh:

1.Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bertugas untuk melawan kuman, virus dan penyakit lain di dalam tubuh. Sementara alkohol bisa memperlambat sistem kekebalan tubuh, membuat sel darah putih yang melawan bakteri bekerja lebih lamban. Bagi peminum berat, berisiko terkenal TBC, pneumonia, dan risiko berbagai kanker yang lebih tinggi.

[ Baca Juga: Sebanyak 270 Dus Masker Hilang di Gudang Farmasi RSUD Cianjur ]

2. Sistem reproduksi

Jangan salah, alkohol juga bisa merusak sistem reproduksi, salah satunya adalah disfungsi ereksi. Alkohol menyebabkan produksi hormon melambat sehingga menyebabkan ketidaksuburan. Pada perempuan, alkohol bisa menyebabkan berhentinya menstruasi dan infertilitas, serta meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Sistem peredaran darah

Sekali saja minum alkohol berlebihan bisa membuat jantungmu bermasalah. Pada perempuan, risiko ini lebih tinggi. Masalah jantung yang terjadi akibat alkohol meliputi keracunan sel-sel otot jantung, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

4. Sistem pencernaan

Alkohol membuat usus sulit mengontrol bakteri dan menyerap nutrisi yang bisa menyebabkan kekurangan gizi. Alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan kelenjar ludah, penyakit gusi dan kerusakan gigi, bisul di kerongkongan, refluks asam, mulas, radang lambung, gastritis, pendarahan dan wasir.

5. Sistem kerangka

Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menghambat produksi tulang baru. Ini bisa membuat seseorang berisiko terkena osteoporosis dan patah tulang. Alkohol juga membuat otot cenderung lemah dan mudah kram.

Tags: Alkohol, Bir, Efek Buruk

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares