Junko Tabei Jadi Wanita Jepang Pertama yang Mendaki Puncak Everest

Junko Tabei Jadi Wanita Jepang Pertama yang Mendaki Puncak Everest

Junko Tabei merupakan seorang wanita pendaki asal Jepang yang berhasil menorehkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mendaki hingga puncak Everest.

Junko Tabei melakukan pendakian mulai 4 Mei 1975 bersama 15 perempuan dan 6 Sherpa dan berhasil mencapai puncak Everest pada tanggal 16 Mei 1975.

[ Baca Juga: Bukan Hanya 7, Ternyata Pelangi Punya Jutaan Warna ]

Dikutip dari Indozone.id, Junko Tabei lahir di Miharu, Jepang pada tahun 1939. Sejak kecil ia sudah tertarik dengan dunia pendakian gunung. Minat mendakinya disalurkan ketika masa kuliah, ia bergabung dengan klub mendaki bernama “The Ladies Climbing Club”. Klub tersebut berdiri pada tahun 1969 dan anggotanya terdiri dari para wanita.

Dengan dukungan dana dari media Jepang, Tabei berangkat memimpin ekspedisi mendaki puncak Everest bersama pendaki wanita lainnya. Ia berangkat dengan meninggalkan suami dan anaknya yang sedang berusia 3 tahun.

Junko Tabei: The First Woman to Climb Mount Everest Passes Away ...

Ekspedisi Everest yang dipimpinnya mengikuti jalur pendakian yang sebelumnya dilakukan oleh Edmund Hillary yang berhasil mencapai puncak Everest untuk pertama kalinya.

Pendakian Puncak Everest tentu bukan hal yang mudah. Berbagai halangan dan rintangan menyertai. Salah satunya terjadi longsor salju yang berada dekat tempat mereka mendirikan tenda di ketinggian 21.000 kaki.

Beruntungnya Tabei dan semua anggotanya selamat, walaupun sempat tertutup salju dan tidak sadarkan diri.

Tags: Everest, Pendaki Gunung, Pendaki Wanita

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares