Akhirnya Buaya Berkalung Ban Berhasil Diselamatkan Oleh Pakar Buaya Australia

Buaya Berkalung Ban Berhasil Diselamatkan Oleh Pakar Buaya Australia

Kemunculan seekor buaya di sungai Palu, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu sempat ramai dibicarakan karena terlilit oleh ban karet yang biasa digunakan untuk sepeda motor. Buaya berkalung ban bekas sepeda motor itu diketahui sudah ada sejak 2016 silam.

Namun, berkat dua pakar reptil asal Australia, buaya berkalung ban itu akhirnya terselamatkan. Matthew Nicolas Wright dan Chris Wilson, adalah dua sosok ahli buaya asal Australia yang juga pengisi acara TVNational Geograpic, yang menjadi penyelamat buaya tersebut.

[ Baca Juga: Punya Kebiasaan Aneh, Pria Ini Makan Daun dan Kayu Selama 25 Tahun ]

Sebelum beraksi melepaskan ban di tubuh buaya itu, Pada Rabu Malam (12/2/2020), Matthew Nicolas Wright dan Chris Wilson sempat melakukan latihan simulasi lepas ban dengan buaya lain. Mereka dibantu tenaga dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk membebaskan buaya dari ban ini, mereka menggunakan sarang perangkap atau harpun dengan mengorbankan seekor bebek sebagai pancingan untuk menjebak target.

Buaya yang terperangkap di harpun kemudian diseret ke daratan untuk diikat dan diselamatkan dari jeratan ban. Matt mengaku senang dengan apa upaya kerjasama dari komunitas local setempat dan pemerintah Indonesia. dua bule ini sudah latihan simulasi lepas ban dengan buaya lain, dan kini berusaha menyelamatkan buaya yang sebenarnya.

“Ini merupakan perjalanan yang luar biasa. Ke sini (Indonesia), bekerja dalam kemitraan dengan komunitas lokal dan Pemerintah Indonesia, Saya senang bisa membagikan pengetahuan saya dengan teman baru saya di Indonesia dan menunjukkan kepada mereka cara menangkap dan melepaskan buaya air asin besar dengan cara terampil” katanya.

Tags: Buaya, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares