BNPB: Total 60 Korban Jiwa dan 2 Hilang Akibat Banjir dan Longsor

Total 60 Korban Jiwa dan 2 Hilang Akibat Banjir dan Longsor

Total ada 60 korban meninggal dunia dan 2 orang masih hilang. Jumlah tersebut diinformasikan oleh pencatatan yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BNPB mencatat jumlah korban meninggal akibat banjir dan longsor di Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, bertambah menjadi 60 orang dan dua masih hilang hingga Sabtu (4/1/).

[ Baca Juga: Lama Berjuang Melawan Kanker, Ria Irawan Meninggal Dunia ]

Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya 53 korban jiwa dalam bencana banjir dan tanah longsor.

“Jumlah korban jiwa per tanggal 4 Januari 2020, pukul 18.00 WIB, sebanyak 60 orang meninggal dunia dan 2 orang hilang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, Minggu (5/1) seperti dikutip CNN Indonesia.

Agus Wibowo menambahkan bahwa penambahan korban meninggal dunia tersebut terjadi di Kabupaten Lebak, Banten.

Korban banjir

Sebelumnya, BNPB mencatat Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan wilayah terdampak banjir dengan jumlah korban paling banyak, yakni 16 orang.

Kemudian Kabupaten Lebak 9 orang, Kota Bekasi ada 9 orang, Jakarta Timur ada 7 orang, dan Kota Depok ada 3 orang.

Sementara, jumlah warga terdampak banjir dan longsor di Jabodetabek mencapai 409 ribu jiwa hingga Kamis (2/1) pukul 22.00 WIB. Dan lebih dari 173 ribu jiwa ada di tempat-tempat pengungsian.

Mengutip Detik.com, BNPB mencatat di tiga provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat ada 103 kecamatan dan 308 keluarahan yang terdampak banjir. Ada 39.102 KK atau 92.261 jiwa yang mengungsi akibat banjir.

“Sedangkan pengungsi di beberapa wilayah mengalami penurunan dari 173.064 jiwa menjadi 92.621 jiwa. Dilaporkan pengungsi ada yang sudah kembali ke rumahnya masing-masin,” katanya dikutip Detik.com.

Mengutip dari BMKG bahwa dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem serta curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah nusantara.

Tags: Banjir, banten, Depok

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares