Berteduh Saat Hujan di Jembatan Penyebrangan Orang Bisa Kena Denda Rp250 Ribu

Berteduh Saat Hujan di Jembatan Penyebrangan Orang Bisa Kena Denda

Menanggapi hal itu Kasubdit Gakkum, Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, meski tak tertera rambu secara spesifik, pada dasarnya semua badan jalan tidak boleh digunakan untuk parkir.

“Kita selalu bertindak preventif dan menghimbau kepada seluruh pengguna sepeda motor untuk tidak menggunakan JPO atau flyover untuk berteduh saat hujan. Saya yakin itu bukan tindakan yang disengaja, mungkin ada yang tidak bawa jas hujan dan terpaksa berhenti,” kata Fahri kepada kumparan, beberapa waktu lalu.

[ Baca Juga: Tak Punya Garasi, Pemilik Mobil Bisa Kena Denda Rp2 Juta ]

Fahri melanjutkan, apabila teguran atau imbauan sampai berkali-kali tak direspons oleh pengendara sepeda motor, efek jera yang terpaksa harus diberikan adalah penindakan lewat denda.

(Foto: twitter.com/TMCPoldaMetro )

“Berhenti di bahu jalan seperti itu bukan hanya membahayakan diri sendiri tapi juga pengendara kendaraan lainnya. Gerak dan laju kendaraan juga pasti akan terhambat. Kita harapkan pemotor bisa lebih siap menghadapi hujan seperti ini,” katanya.

Larangan berhenti sembarangan tertuang pada UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Tepatnya pada pasal 106 ayat 4 yang berbunyi setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mematuhi ketentuan:

-Rambu Perintah atau Rambu Larangan
-Marka Jalan
-Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas
-Gerakan Lalu Lintas
-Berhenti dan Parkir
-Peringatan

Adapun untuk ketentuan pidana terkait pelanggaran marka jalan tertuang pada pasal 287 ayat 3. Bunyinya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas, dipidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Sumber: Kumparan

Tags: Denda, Hujan, Jembatan Penyebrangan Orang, JPO

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares