Bahayakah Mencuci Tangan Dengan Hand Sanitizer Secara Berlebihan?

Bahayakah Mencuci Tangan Dengan Hand Sanitizer Secara Berlebihan

Untuk mencegah penyebaran virus kita dianjurkan untuk menggunakan masker dan juga rajin mencuci tangan dengan sabun maupun dengan hand sanitizer. Tapi bahayakah sering mencuci tangan dengan hand sanitizer?

Pakar kesehatan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular China (CCDC), Zhang Liubo meminta untuk tak mencuci tangan dengan disinfektan secara berlebihan.

[ Baca Juga: Artis Cantik Andrea Dian Positif Virus Corona, Begini Ceritanya ]

Mencuci tangan sesering mungkin memang penting untuk menghindari tertular virus, namun jangan berlebihan.

“Yang paling utama adalah selalu menjaga agar tangan kita tetap bersih dan gunakan disinfektan secara rasional,” kata Zhang Liubo.

Membebaskan tangan dan bagian tubuh lain dari kuman juga sangat penting dilakukan. Tapi, bukan berarti kamu harus menggunakan disinfektan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Untuk membersihkan selaput lendir kulit, termasuk mata, tidak perlu menggunakan disinfektan dan bisa menggantinya dengan air mengalir saja.

Pakaian juga tidak perlu dibersihkan dengan menggunakan disinfektan setiap hari, kecuali kalau memang dipakai ke rumah sakit atau kontak langsung dengan pasien terduga terinfeksi COVID-19.

Adapun cara mencuci pakaian yang terkontaminasi yaitu dengan cara merendamnya dengan air bersuhu lebih dari 56 derajat Celcius. Biarkan pakaian terendam selama kurang lebih setengah jam. Atau, kita juga bisa merendam pakaian dengan disinfektan selama 15 menit.

Tags: Covid-19, Cuci Tangan, Hand Sanitizer, Info Kesehatan, Sehat

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares