Ampo, Kuliner Langka Terbuat dari Tanah Liat Khas Cirebon

Ampo, Kuliner Langka Terbuat dari Tanah Liat Khas Cirebon

Saat ini keberadaan ampo sudah sulit ditemukan. Salah seorang pembuat Ampo di daerah Jamblang, Cirebon bernama Naziri mengaku, sudah turun-temurun menjadi pembuat makanan tradisional tersebut.

Menurutnya, proses pembuatan ampo membutuhkan waktu yang cukup lama. Ia mengaku, tetap berjualan Ampo lantaran masih menghargai kearifan lokal dan budaya leluhur.

[ Baca Juga: Kue Pernikahan Dari Mi Instan Ini Jadi Viral di Media Sosial ]

Di Cirebon, makanan tradisional tersebut diperuntukkan untuk acara tradisi atau ritual adat Cirebon. Selain itu, Ampo juga masih banyak dikonsumsi masyarakat khususnya untuk pengobatan tradisional.

Sementara di kabupaten Tuban, Ampo adalah makanan favorit wanita hamil setempat. Itu karena Ampo dipercaya bisa memperkuat sistem pencernaan dan dapat mengobati beberaa keluhan kesehatan seperti mulas, masuk angin dan lainnya.

Hasil gambar untuk ampo cirebon
(sumber: kaskus)

Proses pembuatan Ampo diawali dengan tanah liat yang baru diambil dari dasar tanah petani kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, tanah ditumbuk sampai halus menyerupai tepung.

Setelah ditumbuk, tanah tersebut disaring dengan air untuk kemudian dikeringkan. Setelah kering, Ampo kemudian dibentuk atau di adon berbentuk bulatan lonjong.

Sambil diadon, Ampo dicampur abu nya jerami dan minyak kelapa. Setelah itu dibakar sampai kering sekitar setengah hari sampai Amponya berwarna hitam pekat.

Sumber: Genpi.co

Tags: Ampo, Cirebon, Info Kuliner, Khas, Langka

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares