5 Manfaat Jika Kamu Rutin Berpelukan Dengan Pasangan

5 Manfaat Jika Kamu Rutin Berpelukan Dengan Pasangan

Secara logis berpelukan memang tidak langsung menyelesaikan masalah. Namun, pelukan hangat dari seseorang yang tersayang maupun pasangan bisa memberikan ketenangan bagi kita.

Tak hanya ketenangan, ternyata berpelukan dengan pasangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mental. Penasaran manfaat dari berpelukan?

[ Baca Juga: Mandi Malam Dengan Air Hangat Bisa Mengobati Insomnia ]

Berikut 5 manfaat berpelukan bagi kesehatan:

1.Jantung semakin sehat

Menurut pakar dari London, pelukan hangat yang dilakukan rutin dapat memberikan dampak positif bagi jantung. Karena dipengaruhi dari keberadaan hormon oksitosin yang muncul pada saat berpelukan. Oksitosin juga membuat kita merasa lebih rileks.

2. Emosi jadi stabil

Karena berpelukan memicu timbulnya kadar dopamin yang bertanggung jawab untuk mengatur rangkaian respon emosional dan sinyal otak. Selain itu, berpelukan juga dapat memproduksi hormon serotonin yang berfungsi mengatur mood menjadi lebih baik.

3. Rasa takut berlebihan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dari Psychological Sciences, berpelukan dapat mengurangi kadar takut yang dipicu oleh otak, sehingga pikiran seseorang lebih tenang.

4. Sistem saraf semakin baik

Dilansir dari Collective Evolution, kulit mengandung jaringan sensor berbentuk telur kecil yang disebut dengan sel darah pacinian. Sensor ini terhubung dengan otak melalui saraf Vagus dan membuat kita dapat merasakan sentuhan. Dan juga dapat menyeimbangkan sistem saraf.

5. Tidak mudah sakit

Sebuah penelitian terhadap 400 orang yang melakukan pelukan secara rutin selama dua minggu jarang mengalami penyakit seperti flu. Sedangkan, yang tidak melakukan pelukan rentan sakit.

Tags: Info Kesehatan, Manfaat, Mental, Pelukan

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares