2 Warga Depok Positif Virus Corona, Berikut Kronologinya

2 Warga Depok Positif Virus Corona, Berikut Kronologinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada dua Warga Negara Indonesia positif virus corona. Kedua orang itu adalah ibu dan anak yang tinggal di Depok, Jawa Barat.

Hal ini berawal dari temuan orang Jepang yang positif terkena virus corona di Malaysia setelah kembali dari Indonesia. Kemudian, Kementerian Kesehatan menelusuri warga Indonesia yang dikunjungi oleh orang Jepang tersebut.

[ Baca Juga: Penyanyi K-Pop Batal Tampil di Jakarta Karena Wabah Virus Corona ]

Diberitakan sebelumnya, Malaysia melaporkan tiga kasus baru COVID-19. Salah satu di antaranya adalah Warga Negara Jepang (41) yang bekerja di Malaysia. Ia sempat dikabarkan melakukan perjalanan ke Indonesia.

“Minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan di cek di sana ternyata positif corona. Tim dari Indonesia langsung menelusuri orang Jepang ini ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu dengan siapa, ditelusuri dan ketemu,” kata Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dari penelurusan itu, ditemukan dua orang yang melakukan riwayat kontak dengan tamu dari Jepang tersebut. Dua orang tersebut adalah seorang ibu dan putrinya.

“Seorang ibu yang umurnya 64 dan putrinya yang berumur 31 tahun dicek oleh tim kita, ternyata pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” lanjut Presiden Jokowi.

Kini keduanya tengah dikarantina di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa dua orang yang positif virus corona adalah warga Depok, Jawa Barat. Presiden Jokowi juga menyampaikan pemerintah benar-benar mempersiapkan penanganan pasien virus corona.

“Persiapan misalnya rumah sakit, lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan isolasi mengenai virus corona dengan standar isolasi yang baik,” pungkas Presiden Jokowi.

Tags: Depok, Terkini, Virus Corona, WNI

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares