Yuk Intip, 10 Kuliner Lezat Khas Betawi yang Jarang Ditemui Bahkan Hampir Punah

Wah, hari ini ulang tahun kota kite tercinta ya guys, semarak perayaan ulang tahun Jakarte pasti yang diburu adalah kulinernya. Yups, kuliner asli betawi memang tiada duanya meskipun saat ini kuliner khas Betawi lebih sering ditemukan di festival-festival budaya. Sebagai konsumsi harian, makanan-makanan ini sudah sangat sulit ditemukan.

Buat kalian yang suka berburu kuliner, nih ada beberapa referensi kuliner lezat khas Betawi yang jarang diketahui orang. Walaupun tidak se-tenar Kerak Telor atau Soto Betawi, tapi rasanya juara loh. Kalian sudah pernah atau malah pengen coba?

Nah, semakin penasaran kan? Baiklah langsung saja yuk simak informasi kuliner SUKITA ID khas Betawi edisi HUT DKI Jakarta berikut ini :

Pecak
(Foto : kuliner-kulinerq.blogspot.com)

Bahan makanan yang biasa dimasak dengan kuah pecak diantaranya adalah ikan gurame, ikan mas dan ayam. Bumbu inti dari kuah pecak sendiri terdiri dari bawang merah, cabai, jahe dan jeruk limau. Cara penyajiannya cukup sederhana, ikan atau ayam yang sudah digoreng disiram dengan kuah pecak. Ada juga kuah pecak yang ditambah dengan kacang tanah yang diulek bersama bumbu. Rasanya juga gak kalah enak loh.

Gabus Pucung
(Foto : gulalives.co)

Pucung atau kluwek adalah buah yang memiliki daging warna hitam. Biasanya digunakan sebagai bumbu Rawon bagi masyarakat Jawa Timur. Bagi masyarakat Betawi, buah pucung dimasak dengan ikan gabus sehingga namanya Pucung Gabus atau Gabus Pucung. Walaupun warna masakannya hitam, tap rasanya dijamin enak.

Ayam Krebek
(Foto : idntimes.com)

Masakan yang satu ini kaya akan bumbu-bumbu seperti kunyit, lengkuas, sereh, jahe, dan daun salam. Masakan ini dijamin menyehatkan karena saat memasaknya sangat minim penggunaan minyak goreng cukup diungkep saja ayamnya. Rasanya yang gurih dengan perpaduan berbagai macam bumbu rempah siap menggoyang lidahmu loh, guys.

Rujak Pengantin
(Foto : idntimes.com)

Kuliner ini dinamakan Rujak Pengantin karena biasanya disajikan oleh masyarakat Betawi ketika ada acara hajatan. Sekilas Rujak Pengantin ini mirip dengan asinan Bogor yang membedakannya adanya telor rebus dan kentang. Sayuran mentah yang terdiri dari daun selada, kol, toge, serta wortel yang disiram dengan saus kacang dan diberi cuka membuat rasanya semakin segar dan mantap.

ES Selendang Mayang
(Foto : travelingyuk.com)

Selendang Mayang terbuat dari campuran tepung sagu dan hunkwe berwarna hijau dan pink. Rasanya yang kenyal dipadukan dengan kuah gula merah, santan, dan es batu merupakan paduan yang unik.

Kue Rangi
(Foto : youtube.com)

Camilan yang berbahan dasar tepung sagu dan kelapa parut yang disiram dengan saus gula merah ini memiliki rasa yang gurih manis. Cara memasaknya menggunakan kayu bakar akan menambah kekhasan rasa dari kue ini.

Bubur Ase
(Foto : pinterest.ca)

Makanan khas Betawi ini terkenal sebagai bubur dengan resep turun-temurun sehingga tidak semua orang bisa membuatnya. Kelihatannya seperti bubur nasi biasa, namun bubur ase ini dilengkapi dengan tetelan, kentang, tahu, dan disiram dengan kuah semur. Kuah inilah yang disebut dengan “ase”.

Nasi Ulam
(Foto : id.wikipedia.org)

Nasi ulam selalu menjadi salah satu identitas kuliner Betawi. Disajikan dengan nasi putih, sambal kacang, bihun, kerupuk, dan emping. Nasi ulam memiliki cita rasa khas yang sangat gurih, kenikmatan nasi ulam diperkaya dengan berbagai pilihan lauk seperti telur dadar, tempe, perkedel, hingga dendeng.

Gorengan Kambing
(Foto : food.detik.com)

Makanan Betawi yang satu ini memiliki bentuk sajian seperti gulai kambing dengan tekstur yang sangat empuk. Jika gulai berwarna cokelat, maka gorengan kambing ini warnanya sedikit lebih merah karena bumbu rempahnya terdiri dari serai, daun jeruk, bawang putih, jahe dan kunyit yang dicampur dengan banyak cabai merah. Biasanya, bumbu yang kaya cita rasa ini disajikan dalam irisan daging atau jeroan babat kambing.

Sengkulun
(Foto : makinesehat.blogspot.com)

Kue khas Betawi ini memiliki tekstur lembut dan kenyal. Berbahan dasar tepung ketan yang membuatnya kenyal, kue sengkulun ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih karena cara membuatnya menggunakan gula merah dan santan yang kental. Untuk menikmatinya, kamu harus mencocol kue sengkulun dengan kelapa parut.

Itulah sepuluh kuliner khas Betawi yang saat ini sudah mulai langka karena kalah populer dengan kuliner daerah atau negara lain yang ada di Jakarta. Apa kamu berniat mencobanya? Atau kamu sudah pernah mencoba satu diantara 10 kuliner yang ada di atas tersebut. Yuk, lestarikan kuliner dan kebudayaan lokal asli Indonesia. Sekali lagi selamat ulang tahun Kota Jakarte semoga semakin jaya, semakin bersih, dan semakin layak untuk ditinggali oleh penduduknya.

#KulinerLezatKhasBetawi
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares