Wajib Tahu! Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, budaya, dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing. Sebut saja gado-gado, sate ayam, rendang, aneka sop, bahkan olahan tempe mampu bersaing di tingkat internasional.

Seperti yang di lansir oleh SUKITA ID dari berbagai sumber. Berikut beberapa makanan khas Indonesia yang mendunia:

Nasi Goreng

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan makanan yang satu ini, Nasi Goreng. Nasi Goreng telah menjadi Icon Indonesia. Nama Nasi Goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui enaknya makanan yang satu ini. Pada ajang world expo shanghai Cina 2010 masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Acara ini mendapatkan respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai Negara. Nyatanya dalam sehari, sedikitnya nasi goreng yang disajikan dengan telur, dan sate ayam mampu terjual hingga 700 porsi.

Soto Ayam

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika dimakan ketika musim hujan. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan Jepang, dan menjadi langganan di acara ini. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang dan menjadi makanan khas Indonesia yang mendunia.

Gado-Gado

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Makanan khas selanjutnya adalah gado-gado. Makanan khas Jawa berupa campuran sayur-sayuran yang direbus dengan campuran bumbu kacang, dan tak ketinggalan pula irisan telur serta taburan bawang goreng diatasnya. Penyajian yang unik dan lezat ini akan lebih komplit ditambah dengan kerupuk atau emping.

Perlombaan masak di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan. Dan di ajang ini gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

Tempe

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Ternyata bukan hanya orang Indonesia saja yang menyukain tempe. Seorang juru masak asal Korea Equard Quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati pada Tempe. Perhelatan Jakarta kuliner festival Oktober 2012 lalu menjadi perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Mereka datang untuk menikmati makanan khas Indonesia. Bahkan seorang warga Indonesia Pak Rustmo sukses menjadi seorang pebisnis Tempe di Jepang.  Bisnisnya menjual Tempe berhasil memikat hati masyarakat Jepang, dengan demikian pantas kalau Tempe ini menjadi makanan khas Indonesia yang mendunia.

Sate Ayam

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Makanan dengan olahan daging atau ayam yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sate khas Madura, ternyata Sate Ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di Cina 2013 silam menjadi bukti Sate Ayam digemari oleh khalayak. Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York, Amerika. Dengan menu andalannya Sate Ayam, restoran satay junction mampu menarik warga Amerika.

Rendang

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Makanan dengan olahan daging ini  memiliki cita rasa pedas, bumbunya menggunakan campuran berbagai bumbu rempah-rempah. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Tapi percayalah, hal ini akan terbayar lunas ketika kamu menyantapnya. Kenikmatan serta kelezatan Rendang asli Indonesia membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN internasional 2011.

Sop Buntut

Wajib Tahu Beberapa Makanan Lokal yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Makanan khas Indonesia yang mendunia lainnya adalah Sop Buntut. Dalam sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia yang di selenggarakan oleh kedutaan besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol, mampu mendapatkan respon yang positif. Setidaknya terdapat 300 an orang yang jatuh hati dan menikmati makanan khas Indonesia ini. Sehingga akhirnya, Sop Buntut dianggap sebagai makanan khas Indonesia yang mendunia.

Waahh bangga ya kita ternyata bukan hanya terkenal enak dan lezat di Indonesia saja. Tapi dunia pun mengakuinya. Makanan ini semua juga selalu kita jumpai ya dalam kehidupan sehari-hari bahkan, gak pernah bosan kita menikmatinya. Happy weekend.

#SUpayaKItaTAhu

Tags: Makanan Lokal yang Mendunia, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share