Wajah Baru Sungai Kota Tua Jakarta Sambut Asian Games 2018, Mirip Sungai Korea Selatan

Kawasan wisata bersejarah Kota Tua masih menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat sekitar maupun turis mancanegara. Pasalnya, di kawasan ini banyak sekali terdapat gedung-gedung tua bersejarah serta benda-benda peninggalan kolonial Belanda. Salah satunya, proyek revitalisasi sungai Kota Tua Jakarta yang dikerjakan selama hampir dua tahun sudah hampir selesai.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Norviadi Setio Husodo mengatakan revitalisasi dilakukan sepanjang Jalan Bopi sampai Jalan Kopi. Nantinya, setelah pembangunan selesai, masyarakat dapat menikmati keindahan wisata baru di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Meski demikian, beberapa kantor dan warung makan di sekitar lokasi sudah dibuka. Pintu kecil di sudut jalan dibuka untuk mereka yang bekerja di kantor dekat kawasan itu.

Jika berjalan agak ke dalam, dapat diketahui kawasan itu didesain untuk pejalan kaki. Pijakan yang disusun dari batu alam tampak sudah terpasang rapi. Para pekerja proyek mengerjakan beberapa pekerjaan yang belum tuntas, seperti memasang lampu penerangan. Pasir dan batu sisa proyek tampak belum dibersihkan.
(Foto: kumparan.com)
Mendekat ke pinggir sungai, terlihat di lokasi sudah terpasang beberapa tempat duduk untuk bersantai. Dibuat juga jalur untuk berjalan di tengah sungai dari pelampung. Di tengah jalur itu, ditanam juga pohon untuk menambah keindahan kawasan.
(Foto: hipwee.com)

Kondisi air sungai masih terlihat kotor. Namun, penyaring air sudah dipasang di Kawasan Pasar Asemka, dekat dengan kawasan Kota Tua. Terkait revitalisasi, pengelola kawasan Kota Tua Jakarta berharap Kali Besar itu bisa menjadi secantik Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Sungai di tengah Kota Seoul, Korea Selatan, itu dikenal sebagai kawasan wisata.

Setelah itu, Noviardi mengatakan wisatawan bisa berjalan dan menikmati sungai beserta bangunan-bangunan lawas. Hal ini pun bisa mengurangi penumpukan pengunjung di Taman Fatahillah. Menurut Norviadi, saat hari biasa, jumlah pengunjung kawasan Kota Tua Jakarta sekitar 300 orang dan bertambah saat akhir pekan.

Rencananya, Kali Besar akan dibuka pada pertengahan tahun ini. Kali Besar diharapkan menambah tujuan destinasi wisata saat Asian Games 2018. Sahabat SUKITA ID sendiri gimana tertarikkan untuk segera mengunjungi wajah baru Jakarta.

#KaliBesarKotaTua
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kali Besar, Kota Tua Jakarta, Sambut Asian Games, SUpayaKItaTAhu, Wajah Baru

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 shares