Wahana Edukasi Lingkungan Ini Ternyata Ada di Kalimantan Selatan, Loh!

Sejak tahun 2011, pusat roda pemerintahan Propinsi Kalimantan Selatan secara bertahap dipindahkan dari Kota Banjarmasih ke daerah Cempaka, Kota Banjarbaru.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan dari berbagai sumber, pembangunan di kawasan terpadu komplek perkantoran provinsi dengan luas lahan sekitar 500 hektar dengan total lahan yang dipersiapkan oleh Pemkot Banjarbaru mencapai 2.000 hektar, terbagi dalam 3 zona atau ring 1 sampai ring 3 tersebut semakin terlihat bentuk konfigurasinya yang luar biasa indah.

Salah satu angin segar yang dihembuskan dari komplek perkantoran yang pembangunannya menelan biaya ratusan miliar tersebut adalah ide cerdas dari pemerintah untuk membangun “Kebun Raya Banua”, wahana konservasi alam sekaligus kawasan wisata, pendidikan dan jasa lingkungan yang lokasinya masih di dalam lingkungan komplek perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan.

Kebun Raya Banua adalah obyek wisata yang berlokasi di Jalan Aneka Tambang, baru diresmikan di Kalimantan Selatan sejak 2016 silam. Kebun dengan luas 100 hektar ini sebagai pusat penyelamatan, perlindungan, dan pengembangan tanaman dan tumbuhan khas Kalimantan. Di kebun ini berbagai flora dibagi pada beberapa zona.
(Foto: jejakrekam.com)

Ada zona tanaman buah, tanaman kayu, obat-obatan, atsiri bunga, dan sebagainya. Zona-zona ini diisi oleh tumbuhan dan tanaman yang diutamakan khas Kalimantan. Karenanya kebun ini juga cocok sebagai pusat edukasi. Namun demikian, di kebun ini juga dibangun beberapa wahana rekreasi. Ada taman labirin, taman permainan anak, dan lainnya.

Baik di zona tanaman maupun tempat rekreasi dan bersantai banyak yang sangat instagramable. Bagi kamu yang sedang berada di Kalsel sangat direkomendasikan mengunjungi kebun raya ini.

Selain itu, pengelola juga sangat berharap adanya peran serta masyarakat, khususnya warga Kalimantan Selatan untuk ikut serta menyumbangkan koleksi tanaman ke “Kebun Raya Banua”. Koleksi tanaman ini dari masyarakat nantinya akan didaftar dan diregistrasi untuk mendapatkan KTP alias Surat Keterangan Pohon yang berisi data rekam jejak asal-usul pohon.

Program ini mungkin mirip dengan strategi yang dilakukan oleh GREEN PEACE, melalui program Babytrees yang berhasil mengajak masyarakat untuk menanam sekaligus menjaga dan merawat pohon-pohon yang ditanamnya seperti anak sendiri, sehingga diharapkan bisa tumbuh dengan baik dan sehat agar bisa memberi manfaat kepada alam semaksimal mungkin.

Apa kamu berminat untuk pergi jalan-jalan ke Kebun Raya Banua? Jika kamu memang benar-benar berniat ingin segera kesana SUKITA ID infokan jangan datang jam 10 keatas atau jam 4 sore kebawah ya. Karena kalau sedang musim panas cuaca di Kalimantan Selatan sangat panas untuk siang hari.

#WahanaEdukasiKalimantanSelatan
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares