Tutorial Mudah Membuat Miniatur Ondel-Ondel Betawi

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk desa.

Biasanya ondel-ondel berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bamboo yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan perempuan berwarna putih.

Nah, spesial HUT DKI Jakarta hari ini tutorial SUKITA ID akan membagikan beberapa video cara membuat miniatur ondel-ondel khas Betawi dimana miniatur ini terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemui. Penasaran seperti apa? Langsung saja yuk kita simak cara pembuatannya di bawah ini.
Cara Pertama :

Cara Kedua :

Itulah beberapa video tutorial mudah yang bisa kamu tiru dalam pembuatan miniatur ondel-ondel. Nah, jika kamu sudah lancar dalam membuatnya kamu bisa jadikan ini sebagai ladang usaha sebagai bentuk melestarikan budaya lokal asli Betawi. Selamat mencoba!

Sumber : Youtube

#CaraMembuatOndel-Ondel
#SUpayaKItaTAhu

Tags: HUT DKI Jakarta, Ondel-Ondel, SUpayaKItaTAhu, Video Tutorial

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares