Tidak Kalah Eksotis, Inilah Raja Ampat Mini Pulau Sombori dan Labengki

Siapa yang tidak mengenal eksotisme keindahan Raja Ampat? Gugusan pulau yang berhasil menghipnotis turis lokal dan mancanegara dengan keindahannya. Bukan hanya pemandangan di darat yang indah, Raja Ampat juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

Tetapi tahukah teman-teman SUKITA ID, jika Papua memiliki Raja Ampat, Sulawesi juga punya Raja Ampat mini yang gak kalah indah dengan Raja Ampat Papua. Kok bisa begitu ya?

Yups, Pulau Sombori yang terletak di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Morowali, Sulawesi Tengah dan Pulau Labengki yang ada di Lasoo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, merupakan kawasan konservasi laut seluas 41.341 hektar. Keindahan Pulau Sombori dan Labengki telah berhasil melahirkan suasana baru wisata bahari di Indonesia yang panoramanya tidak kalah dengan panorama Raja Ampat.

Banyak spot yang bisa disinggahi dari snorkeling, freedive, hingga duduk manja berjam-jam diatas kapal sambil menikmati keindahan dan kesejukan Pulau Sombori. Layaknya Raja Ampat Papua, Pulau Sombori juga memiliki panorama bawah laut yang mampu meluluhkan mata penyelam. Di Sombori kamu akan menemukan aneka warna dan bentuk karang, serta pasir putih yang terhampar sepanjang garis pantai. Satu lagi, bila beruntung, kamu bisa melihat gerombolan lumba-lumba atau hiu paus yang sedang mengejar ikan.

Dikenal sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi, nyatanya Sombori memang punya kemiripan dengan pulau eksotis di Papua tersebut. Salah satunya adalah sama-sama dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau-pulau kecil. Ada yang dihuni nelayan, ada juga pulau tak berpenghuni.

Untuk merasakan suasana seperti di Misool Raja Ampat, kamu bisa pergi ke Tebing Khayangan untuk menikmati panorama Sombori dan mengambil foto pemandangan bebatuan tebing berhiaskan air jernih campuran hijau dan biru.

Tidak mudah untuk sampai di Tebing Khayangan, sebab wisatawan harus memanjat tebing terjal yang merupakan batuan granit dan karang. Namun, perjuangan tersebut akan terbayar lunas denga melihat pemandangan yang didapatkan.

Dari Tebing Khayangan, kamu bisa menuju Pulau Dua Darat dan Pulau Dua Laut. Pulau Dua Laut memiliki titik selam terbaik, yaotu Aquarium Point untuk melihat terumbu karang dan ikan warna-warni.

Layaknya akuarium, kamu seperti dapat melihat isi laut dari perahu kaca. Dan satu lagi, kamu hanya cukup snorkeling tak perlu diving jika ingin melihat keindahan alam bawah laut dari Aquarium Point.

Kegiatan lain yang tidak boleh kamu lewatkan selama di Pulau Sombori adalah menyelami lautannya dengan jelajah gua. Gua Berlian memiliki stalakit yang berkilau bak berlian saat terkena cahaya. Ketinggian Gua Berlian sekitar 10 meter dari permukaan laut. Untuk mencapai lokasi, kamu harus memanjat tebing dengan kemiringan 70-80 derajat.

Selain itu, warga Suku Bajo juga tak kalah menariknya saat berwisata ke Sombori. Wisatawan dapat melihat kehidupan sehari-hari warga yang dikenal sebagai pelaut tangguh. Kamu juga bahkan dapat belajar berenang bersama orang Bajo yang dapat menyelam bebas tanpa alat pernapasan apa pun.

Berwisata ke Pulau Sombori bisa dimulai dari penerbangan dari kota tempat tinggal kamu ke Kendari. Lalu, lanjutkan perjalanan dari Kendari ke Dermaga Laimeo, kemudian naik kapal selama dua setengah jam menuju Sombori.

Kamu juga bisa memilih jalur darat dari Kendari sampai Pelabuhan Molore selama lima jam perjalanan, lalu lanjut dengan kapal sampai ke Sombori selama satu jam.

Wah, jadi gak sabar ingin segera melihat keindahan alam bawah laut Pulau Sombori ‘Raja Ampat Mini’ Sulawesi Tengah.

Sumber : YouTube

#RajaAmpatMini
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Jelajah Indonesia, Raja Ampat Mini, Sulawesi Tengah, SUpayaKItaTAhu, Wonderful Indonesia

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares