Tiba di Lombok, Api Asian Games Disambut Kesenian Gendang Beleq

Setelah dua hari mengelilingi Bali, api Asian Games 2018 akhirnya tiba di Lombok, Nusa tenggara Barat. Api yang dibawa dalam lentera berwarna emas itu, mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL), kemarin Rabu (25/7/2018), pukul 07.20 WITA.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID ketahui, api kemudian diserahkan kepada Sekretaris Daerah NTB, Rosiady Sayuti. Setelah prosesi penyerahan dan foto bersama, rombongan pembawa api Asian Games kemudian melanjutkan perjalanan. Api dibawa ke beberapa destinasi pariwisata di Lombok Tengan seperti Desa Sade dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kesenian khas Lombok, Gendang Beleq, menyambut kedatangan api obor Asian Games 2018 di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sekurangnya ADA 15 pemain Gendang Beleq yang memperlihatkan keahliannya memainkan gendang dan tarian.

Selain itu, dilakukan pula prosesi pengalungan selendang khas Lombok kepada delegasi yang membawa api obor. Setelah usai, obor dibawa menuju Desa Sasak Sade di Lombok Tengah.

Di Kuta Mandalika, api Asian Games yang dibawa penanggung jawab torch relay Permana Sunu, disambut kembali Sekda Lombok Tengan, Nursiah, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan, dan pegawai pemda lainnya.

Kemudian, api dikirab secara estafet oleh sejumlah pelari. Api dibawa ke Pendopo Gubernur NTB. Rencananya, api akan menginap di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan, hari ini.

Setelah itu, api Asian Games dijadwalkan akan segera mengunjungi Pulau Papua, Sulawesi, Kalimantan, kemudian dibawa ke Sumatera, sebelum menuju Jawa Barat dan mengakhiri perjalanan di Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2018.

Berdasar jadwal, pada tanggal 26-28 Juli obor sudah berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati bersama panitia kegiatan sudah melakukan peninjauan rute yang akan dilalui tim kirab Obor Asian Games.

Abdul Faris Umlati mengatakan tim yang membawa Obor Asian Games dari Kota Sorong akan menuju destinasi wisata Piaynemo dengan menggunakan kapal perang Indonesia. Setelah prosesi obor di Pulau Piaynemo, obor akan dibawa tim menuju Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat oleh tim pelari.

#OborApiAsianGames2018diLombok
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kesenian Gendang Beleq, Nusa Tenggara Barat, Obor Api Asian Games 2018, Sambutan, SUpayaKItaTAhu, Tiba di Lombok

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share