Ternyata India Punya Danau yang Pulaunya Bisa Gerak-Gerak Loh, Penasaran?

Masih banyak yang belum kamu ketahui tentang India, salah satunya dengan kehadiran danau cantik yang unik ini. Tetapi tahukah kamu, ternyata di dalam danau tersebut ada pulau bulat-bulat yang bisa berubah dan bergerak sendiri. Penasaran? Langsung saja yuk SUKITA ID kasih tahu kebenarannya.

Danau Loktak yang terletak di Provinsi Manipur – India, berbatasan langsung dengan Myanmar, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari Kalkuta. Danau ini termasuk salah satu destinasi yang unik dan menakjubkan, karena tak seperti danau pada umumnya, di dalam danau tersebut terdapat pulau-pulau mungil berbentuk cincin.

Konon katanya, pulau-pulau ini bisa berubah bentuk sesuai dengan musim dan bergerak ie berbagai arah angin. Masyarakat India menyebutnya Phumdi, yang telah menjadi rumah bagi berbagai spesias hewan.

Kalau dilihat dari atas, Phumdi tampak seperti cincin. Bagian tengah danau ini memiliki permukaan lebih dalam dari bagian pinggir. Saat musim kering dan air danau surut, akar-akar tanaman di Phumdi menggapai dasar danau untuk menyerap nutrisi. Saat musim hujan dan air meluap, akar itu terputus sehingga Phumdi pun kembali mengapung.

Jika kamu penasaran kamu bisa melihat dengan jelas video Youtube berikut ini, mengenai keindahan Danau Loktak, India.

Meski bersifat nomaden, bukan berarti Phumdi tak dihuni mnusia. Tetapi berbeda dengan Phumdi terbesar yang ada di Danau Loktak bernama Khangpoks yang dihuni sekitar 4.000 orang. Ada pondok-pondok mungil yang membuatnya mirip seperti permukiman di Danau Titicaca, Peru.

Seperti yang dilansir dari situs CN Traveler, Phumdi di Danau Loktak adalah satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi juga menguntungkan bagi konservasi spesies rusa langka (warga lokal menyebutnya Sangai) yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.

Sayangnya, saat ini Phumdi juga termasuk sesuatu yang hampir punah. Ini diakibatkan oleh Proyek Hidroelektrik di Danau Loktak, sehingga mampu menaikkan permukaan air danau.

Phumdi pun tak bisa tenggelam, akar-akar tanaman pun tak bisa mencapai dasar danau. Bagian pinggir Phumdi pun semakin menipis tiap tahun. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke Danau Loktak harus bisa menjada lingkungan serta ekosistem di tempat tersebut.

Sumber: petualangunik

#DanauLoktakIndia
#SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share