Taiwan Selenggarakan Festival Bunga Teratai Terbesar di Dunia

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air berbunga. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water lily atau waterlily. Orang Indonesia, sering mencampuradukan antara Nymphaea (teratai) dengan tanaman dari genus Nelumbo (lotus) seperti seroja. Padahal mereka tidak memiliki kekerabatan yang dekat.

Teratai terdiri dari 50 spesies yang terbesar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Salah satu spesies teratai yang sangat besar adalah Giant Water Lily atau nama ilmiahnya adalah Victoria Amazonica (dahulu dikenal sebagai Victoria Regia).
(Foto : khazanahsemesta.blogspot.com)
Bunga dari Victoria Amazonica berwarna putih dan hanya mekar pada malam hari. Namun, warna bunga ini akan mengalami perubahan ketika diserbuki menjadi merah muda keunguan. Ketika lily masih berwarna putih dan perlu diserbuki, ia menebarkan aroma butterscotch dan nanas yang menarik kumbang untuk menyerbuki bunga.

Hal yang paling menarik tentang Giant Water Lily adalah daunnya yang besar. Daun ini bisa tumbuh hingga berdiameter 3 meter dan dapat menampung beban hingga 45-50 kilogram. Giant Water Lily tumbuh di perairan dangkal lembah Sungai Amazon, dan danau-danau tertentu di Brasil. Spesies ini asli dari Amazon Brasil, Amerika Selatan.

Namun kini, Kota Taipei menyelenggarakan festival tahunan untuk menikmati keindahan bunga raksasa di Taman Shuangxi, Taiwan. Bunga ini diperkenalkan dan dibudidayakan di Kota Tainan dan Taoyuan, Taiwan.
(Foto : news.detik.com)

Seru ya keliatannya, apa kamu berminat untuk datang ke Taiwan untuk mencoba sensasi duduk di atas Teratai terbesar di dunia?

Sumber : khazanahsemesta, detik

#TerataiRaksasa
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares