Sungai Maron, Surga Kecil yang Tersembunyi di Pulau Jawa

Sungai Maron Pacitan adalah sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai.

Kedalaman sungai mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam. Saking jernihnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari-hari.
(Foto : atoursaja.blogspot.com)

Letak sungai ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Rute menuju lokasi ini dimulai dari Kabupaten Pacitan yang berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Solo. Jika kamu berangkat dari arah Solo maka keberangkatan berawal dari Jl. Raya Pacitan.

Eksotis Sungai Maron semakin lengkap dengan banyaknya ikan kakap merah yang berlalu lalang berenang bebas disekitar sungai. Karena keindahan dan keeksotisan panoramanya, Sungai Maron mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan dan “The Indonesia’s Amazon”. Sungai ini selalu menjadi destinasi favorit bagi mereka yang menginginkan wisata dengan panorama alam yang natural.
(Foto : iklantravel.com)
Jika kamu belum puas ingin melihat-lihat seperti apa sih Amazonnya Indonesia ini, berikut ada videonya yang mampu membantumu melihat-lihat sekeliling sungai sebelum kamu datang langsung ke sana.

Aktivitas seru yang sering dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sungai ini adalah susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang telah disediakan oleh warga setempat. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu tersebut dapat menampung sekitar 6 penumpang.
(Foto : bodyrafting-guhabau.com)

Sungai Maron Pacitan berujung di sebuah muara Pantai Ngiroboyo. Susur sungai dilakukan dengan menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai, harus berjalan 20 meter dari lokasi pembelian tiket menuju dermaga kecil dimana perahu-perahu yang digunakan untuk susur sungai bersandar.

Wisatawan yang berkunjung ke sungai ini juga berkesempatan menggali informasi menarik tentang Sungai Maroon kepada pengemudi perahu yang sekaligus sebagai tour guide. Harga tiket masuknya juga cukup murah dengan Rp 2.000 per orang dan biaya sewa perahu Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang.

Perlu kamu ketahui, Sungai Pacitan selalu mengadakan event rutin setiap tahunnya, yaitu lomba dayung. Lomba dayung ini dilakukan sepanjang sungai, dan berakhir di muara Pantai Ngiroboyo, pantai yang ramai dengan aktivitas Water Tubing dan Surfing. Event lomba dayung ini masih terbilang baru, pertama kali diadakan pada tahun 2012.

Tips : Ketika berkunjung ke Sungai Maron sebaiknya pilih saat cuaca cerah. Karena, ketika sedang hujan, air Sungai Maron berubah menjadi keruh sehingga kurang bagus untuk dipandang.

Sumber : YouTube

#SungaiMaronPacitan
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Green Canyon versi Indonesia, Info Travel, Jawa Timur, Pacitan, Pesona Indonesia, Sungai Maron, SUpayaKItaTAhu, The Indonesia’s Amazon

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares