Situs Khusus Musik Kolase Ini, Raih Pendanaan Sebesar Rp 10,7 Miliar

Tahun ke tahun industri musik Indonesia dihadapi dengan permasalahan yang sama, salah satunya adalah pembajakan karya. Musisi rekaman dengan biaya produksi yang tidak sedikit, tapi belum sempat mencapai target penjualan, karya mereka sudah dibajak.

Nah, tentunya berdampak ke musisi lokal dong ya, kalo ini terus terjadi. Kali ini SUKITA ID mau membahas cara menangani hal tersebut seperti apa, langsung saja yuk kita simak ulasan berikut ini.

Hal ini tentu merugikan musisi dan pelaku industri musik. Namun itu hanya sebagian kecil dari berbagai masalah yang ada di industri musik tanah air. Oleh karena itu, PT. Kirai Adiwarna Nusantara (KAWAN) meluncurkan situs crowdfunding Kolase.com.
(Foto: id.techinasia.com)

Kolase merupakan sebuah situs yang memungkinkan seorang musisi untuk menggalang dana demi membuat album atau konser musik.  Apabila tertarik, kamu bisa ikut menyumbang dana agar proyek pembuatan album atau konser itu bisa terwujud.

Nantinya, uang yang kamu berikan bisa ditukarkan dengan tiket konser, edisi spesial dari album yang dibuat, hingga suvenir. Bagi kamu yang mempunyai uang lebih, kamu juga bisa mengeluarkan lebih banyak uang untuk menjadi sponsor dari sebuah kampanye.

Kolase didirikan oleh seorang musisi bernama Raden Maulana, dan berada di bawah naungan PT Kirai Adiwarna Nusantara  (KAWAN). Saat ini, Kolase telah menghadirkan fitur penggalangan dana untuk pembuatan album, acara live, konser, tur, hingga amal. Mereka juga hendak menghadirkan fitur serupa untuk pembuatan video, musik, dan buku.

Tepatnya, pada tanggal 1 Februari 2018 lalu, situs crowdfunding khusus musik Kolase ini mengumumkan telah mendapat pendanaan sebesar US$ 750.000 atau sekitar (Rp 10,7 miliar). Dana tersebut diperoleh dari PT Global Basket Mulia Investama, perusahaan modal ventura yang memiliki portofolio investasi pada sejumlah startup di industri kreatif.

Rencananya, dana segar ini akan mereka gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat crowdfunding. Mereka juga tak segan untuk memberi subsidi kepada seribu kampanye pertama. Tak hanya untuk crowdfunding, pada proyek pembuatan album musik atau konser. Kolase juga berencana menghadirkan fitur untuk pendanaan video musik atau penerbitan buku.

Di Indonesia sendiri telah ada startup yang serupa dengan Kolase, seperti Konserku. Menarik untuk ditunggu bagaimanapun perjalanan startup ini di bisnis crowdfunding tanah air yang sebenarnya sudah beberapa kali memakan korban.

Sumber: Techinasia

#SitusCrowdfundingKhususMusikKolase
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Raih Pendanaan, Situs Crowdfunding Khusus Musik Kolase, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share