Sejuta Manfaat Kesehatan Terkandung Pada Petai

Petai memiliki bentuk  biji yang pipih dan panjang, serta bulat seperti almond. Cara mengkonsumsinya pun beragam, petai bisa dimakan mentah, digoreng, dibakar, atau diacar. Di Indonesia petai biasa disajikan bersama nasi goring, kentang goring balado, atau pendamping lalapan.

Makanan yang satu ini memang menimbulkan banyak kontroversi, banyak yang menyukai namun banyak juga yang menghindari karena menimbulkan bau yang tidak sedap dan darah tinggi.

Petai juga dikenal sebagai parkia speciosa. Selain baunya, rasanya juga khas. Rasa petai memang pahit namun jangan salah, petai disukai banyak orang.
(Foto: google.com)

Tapi, tahukah kamu kalau buah petai ini banyak mengandung manfaat? Daripada penasaran langsung saja nih SUKITA ID berikan informasi lengkapnya ke kamu semua. erikut ini juga terdapat video yang bisa menyakinkan kamu kalo petai memang bagus buat kesehatan tubuh.

Mengandung antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam petai akan membantu melawan radikal bebas yang ditemukan pada berbagai kondisi penyakit seperti diabetes, kanker, dan aterosklerosis.

Menurunkan kadar gula darah

Petai mengandung beta-sitosterol da stigmasterol yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Melawan bakteri

Ekstrak biji petai ternyata mampu meekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Ekstrak biji petai mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Kesimpulan sementara dari penelitian-penelitian yang ada, ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Mencegah Hipertensi

Meskipun gosipnya petai bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Namun kenyataannya, petai memiliki kandungan kalium yang tinggi serta kandungan garamnya rendah sehingga sangat baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan kalium yang cukup tinggi di petai membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada 200 siswa di Twickenham Inggris. Anak yang diberi sarapan petai, jam istirahat dan juga makan siang akan lebih mudah menghadapi soal ujian.

Mengatasi PMS

Petai bisa digunakan untuk mengatasi PMS karena kandungan Vit B6 nya bisa mengatur kadar gula darah dan memperbaiki mood.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada petai dapat menstimulasi pembentukan sel darah merah, yang amat baik bagi para penderita anemia.

Mencegah sembelit

Dengan kandungan serat yang tinggi, petai tentu dapat membuat pencernaan lebih lancar sehingga terhindar dari sembelit.

Mencegah mual dan hangover

Hangover dan mual biasanya terjadi di pagi hari setelah semalaman mabuk. Nah, ternyata petai bisa jadi solusi jitu. Hanya dengan mencampur petai dengan madu serta susu dan diminum akan meredakan gejala hangover kamu.

Menetralkan asam lambung

Jika kamu memakan petai dalam keadaan mentah manfaatnya bisa menurunkan kadar stress di tubuh dan menetralkan asam lambung kamu.

Tuh gimana guys, dibalik rasa bau dan gak enaknya petai banyak mengandung segudang manfaat buat kamu, loh. Mulai sekarang rajin-rajin ya makan petai terutama kamu yang memiliki penyakit asam lambung. Selamat mencoba.

#ManfaatPetai
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Manfaat Petai, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares