Sebelum Mengolah Bahan Makanan Sebaiknya Kamu Perhatikan Hal Ini!

Sebelum kamu mengolahnya menjadi makanan yang enak dan lezat. Kebersihan bahan makanan itu sangat penting kamu perhatikan demi menjaga kesehatan kamu dan keluarga. Usahakan setiap bahan-bahan makanan termasuk daging dan sayuran benar-benar bersih sebelum diolah.

Mungkin sebagian orang tidak mau ambil pusing dengan kebersihan makanan yang akan mereka konsumsi. Salah satunya adalah dengan langsung memakan buah dan sayur tanpa dicuci terlebih dahulu.

Jamit Hamilton, selaku pakar nutrisi yang mengajar tentang keamanan pangan dan nutrisi di Mapleton Teaching Kitchens, Moncton, menyarankan agar orang-orang lebih berhati-hati dengan kebersihan daging dan bahan makanan lainnya.

Belajar dari kasus yang baru terjadi baru-baru ini. Dengan mengkonsumsi selada romaine dua orang meninggal dunia dan sisanya keracunan zat E Coli. Jadi, sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini agar kesehatan kamu dan keluarga selalu terjaga.

Seperti yang dilansir oleh SUKITA ID dari berbagai sumber berita, inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum mengolah bahan-bahan makanan.

Mencuci sayur
(Foto: akugembira.com/yakin-buah-dan-sayur-mu-sudah-bebas-pestisida/)

Setelah membeli sayur-sauran segar, sebaiknya letakkan dalam saringan bersih. Lalu bilas dengan air bersih agar kotoran atau zat pestisida yang menempel pada sayuran larut terbawa air.

Mencuci buah
(Foto: beritagar.id/artikel/gaya-hidup/tip-mencuci-buah-dan-sayur-agar-aman-dikonsumsi)

Sebaiknya jika kamu ingin mencuci melon atau semangka adalah dengan tidak mengupas kulitnya terlebih dahulu. Hal ini menghindari isi buah terkontaminasi dengan bakteri yang ada pada kulit. Cara yang efektif ialah dengan mencuci atau menyikat bagian kulitnya agar seluruh kotoran yang berada di permukaan kulit buah terangkat maksimal

Mengolah Daging
(Foto: gulanyagulali.com/cara-mengolah-daging-wagyu-bersama-tokusen-wagyu-beef/)

Setelah kamu membeli daging di pasar, kamu hanya memiliki waktu empat jam sebelum memasak atau mendinginkannya di kulkas. Karena, daging yang sudah dikeluarkan pada suhu ruangan tertentu sangat rentan terkena bakteri.

Memperhatikan kebersihan talenan
(Foto: rockingmama.id/post/yuk-lakukan-detoks-dapur-untuk-kesehatan-seluruh-keluarga-1508733007)

Seaiknya kamu harus memiliki beberapa talenan untuk mencegah kontaminasi antara bakteri daging dan sayuran. Misalnya, kamu harus memiliki talenan khusus untuk memotong daging, sayuran, dan buah.

Agak ribet sih, tapi ini semua untuk kesehatan kamu dan keluarga loh. Lebih baik mencegah daripada mengobati, ya kan!

#MengolahMakanan
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share