Resep Masakan – Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing yang Lezat dan Sehat

Apa sih yang kamu pikirkan saat mendengar Nasi Kebuli? campuran daging kambing, gurih, rempah, lezat. Terus, apalagi hayoo? Nasi bumbu, betawi, arab, bener gak?

Ya, bener banget. Siapa sih yang gak kenal dengan nasi kebuli? Sajian lengkap yang dimasak bersama kaldu dan daging kambing ditambah beragam rempah-rempah sehingga mampu menghasilkan rasa nasi yang gurih dan lezat.

Konon katanya, nasi kebuli dengan daging kambing atau ayam merupakan masakan khas arab dan betawi. Hingga sampai saat ini, kalo kamu ingin membeli nasi kebuli biasanya orang-orang akan mencarinya di kampung arab. menariknya, hal serupa juga bisa kamu temui di kampung betawi. Kok bisa ya?

Menurut kabar yang beredar, hal itu dikarenakan kegiatan dakwah yang dilakukan jaman dahulu, jauh sebelum negeri nusantara ini dijajah belanda-portugis-prancis-portugis-hingga jepang. Sang pelopor nasi kebuli memang masih memiliki darah keturunan Timur Tengah.

Mahakarya resep nasi kebuli khas arab betawi tercipta ketika para pemuka agama asal Hadramaut, Yaman, memiliki misi pembukaan (futuhah) sehingga agama Islam menyebar luas di negeri India bahkan sempet menjadi agama mayoritas di sana.

Nah, kesempatan kali ini SUKITA ID mau membagikan resep masakan cara membuat Nasi Kebuli Kambing. Siapa tau diantara kamu ada yang ingin coba memasaknya sendiri. Bahan-bahannya pun cukup mudah kamu dapatkan, kamu juga gak perlu khawatir karena sesi hari ini dilengkapi dengan videonya. Seperti yang dilansir SUKITA ID dari Ide Resep Masakan inilah cara membuat Nasi Kebuli Kambing yang lezat dan sehat ala kamu.

Bahan-bahan :

  • 500 gr beras pulen
  • 375 ml santan
  • ½ pcs bawang bombai
  • 5 cm kayu manis
  • ¼ pcs pala
  • 3 pcs cengkeh
  • 4 pcs kapulaga
  • 150 gr daging kambing
  • 5 pcs bawang merah
  • 3 pcs bawang putih
  • 2 cm jahe
  • Lada
  • Garam
  • Kismis
  • 200 gr daging kambing
Dan, ini merupakan video masak Nasi Kebuli Kambing yang bisa kamu lihat dan contoh cara-caranya.

NASI KEBULI KAMBINGOleh @cicilia.anggraenyNasi Kebuli Kambing!!!! Pengen suasana rasa kayak di timur tengah? Pernah cobain Nasi Kebuli spesial? Ayo bikin, mudah loh, ikutin step dibawah ini ya….Nasi Kebuli KambingBahan:500gr Beras pulen375 ml Santan1/2 pcs Bawang bombai5 cm Kayu manis1/4 pcs Pala3 pcs Cengkeh4 pcs Kapulaga150gr Daging kambing5 pcs Bawang merah3 pcs Bawang putih2 cm JaheLada GaramKismis200gr Daging KambingCara membuat:1. Haluskan bumbu halus yang terdiri dari lada, cengkeh, kapulaga, jahe, dan pala2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus3. Masukkan kayu manis, dan pekak pada bumbu halus yang sudah ditumis, lalu tambahkan bawang bombai, bawang merah, dan beras4. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan masukkan daging kambing5. Nanak beras yang sudah dibumbui, tambahkan daging, kismis, dan santan.

Dikirim oleh Ide Resep Masakan pada 18 Oktober 2017

 

Cara membuat :

  • Haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari lada, cengkeh, kapulaga, jahe, dan pala
  • Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus tersebut
  • Masukkan kayu manis, dan pekak pada bumbu halus yang sudah ditumis, lalu tambahkan bawang bombai, bawang merah, dan beras.
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, dan masukkan daging kambing
  • Nanak beras yang sudah dibumbui, tambahkan daging, kismis, dan santan

Mudah ya, cara membuatnya. Bisa kamu tiru nih di rumah step by stepnya sebagai menu masakan dikala santai bersama keluarga tercinta di hari libur seperti weekend, acara arisan, hari raya, atau acara selametan. Selamat mencoba ya!

Sumber: Ide Resep Masakan

#ResepMasakan
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Nasi Kebuli Kambing, Resep Masakan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares