Platform Menulis Ini Hadirkan Fitur Monetisasi Buat Para Penulis

Apakah kamu seorang penulis, tetapi tidak tahu tempat untuk mengunggah karya kamu? Jangan khawatir. Kini kamu bisa mengunggah cerita yang sedang kamu tulis di Storial, sebuah platform untuk berbagi cerita.

Storial.co adalah sebuah platform bagi penulis untuk mengunggah ceritanya dalam format buku. Fitur pada Storial memungkinkan penulis untuk menuliskan ceritanya bab per bab. Selain itu, juga terdapat fitur yang menghubungkan penulis dengan penulis lain maupun pembaca. Lewat aplikasi ini, penulis dapat mengunggah karyanya dimana saja dan kapan saja, demikian juga pembaca yang dapat membaca bacaan setiap hari dari smartphone mereka.

Menurut informasi yang SUKITA ID dapatkan, pada tanggal 1 Maret 2018 kemarin, platform menulis Storial mengumumkan bahwa mereka telah resmi menghadirkan fitur monetisasi bernama Premium Chapter. Dengan fitur tersebut, pembaca Storial hanya dapat membaca bab tertentu apabila telah melakukan pembayaran. Hal  ini merupakan sesuatu yang telah kami rencanakan sejak awal, yang akhirnya bisa terwujud di tahun ini.

Untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan pembayaran, mereka pun membuat sebuah dompet digital yang bernama Storial Coin. Saat ini, kamu baru bisa melakukan isi ulang (top up) kin tersebut lewat transfer bank. Koin tersebut kemudian bisa kamu gunakan untuk membaca semua karya penulis di Storial.

Sedangkan untuk penulis yang ingin memonetisasi karyanya, mereka hanya perlu mempublikasikan lima bab awal dari buku mereka dan mendapatkan 500 orang pembaca. Setelah itu, mereka pun bisa langsung membuat kelanjutan buku tersebut sebagai Premium Chapter.
(Foto: id.techinasia.com)

Fitur ini pun telah digunakan oleh para penulis ternama, seperti Bernard Batubara (Benzbara) yang akan menggunakannya untuk mempublikasikan buku terbarunya yang berjudul Ekspresso. Selain itu, Storial juga menggaet Co-Funder Tiket.com Natali Ardianto untuk menghadirkan buku In The Mind of Natali Ardianto 2.

Storial merupakan platform yang memungkinkan kamu untuk mengunggah karya berupa cerita pendek, novel fiksi, hingga naskah non fiksi. Startup ini didirikan oleh Steve Wirawan, Aulia Halimatussadiah, dan Brilliant Yotenega, sekitar tahun 2015 silam. Sebelumnya, para founder tersebut juga telah membuat platform pencetakan buku on demand bernama NulisBuku.

Saat ini, mereka mengaku telah mempunyai ribuan penulis yang menghasilkan belasan ribu judul buku. Secara total, mereka mengklaim telah mempunyai 20 ribu pengguna terdaftar.

Selain Storial, para penulis di Indonesia juga bisa menggunakan platform menulis lain untuk mempublikasikan karya mereka, seperti Wattpad, Bookslife, hingga Penakota. Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan masing-masing platform tersebut, dan bagaimanan pengaruh mereka terhadap perkembangan dunia literasi di tanah air.

Sumber: techinasia

#Storial
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Fitur Monetisasi, Platform menulis, Storial, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares