Pesona Baby Island Aceh Hanya Muncul Setiap 2 Jam Sehari!

Bagi kamu yang menyukai traveling ke berbagai pulau yang dipenuhi dengan burung-burung berterbangan. SUKITA ID punya rekomendasinya nih, destinasi unik ini bernama Baby Island.

Seperti informasi yang SUKITA ID dapatkan dari berbagai sumber, Baby Island yang memiliki ukuran sekitar 4 x 5 meter terletak di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Letak Kabupaten ini memang tergolong jauh dari Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh.

Wisatawan yang ingin berlibur ke Kabupaten Aceh Singkil dari Banda Aceh memerlukan waktu sekitar 13 jam dengan menggunakan jalur darat. Lalu, dari Ibu Kota Aceh Singkil ke Pulau Banyak, wisatawan harus menyeberang dengan kapal feri dan waktu berlayar sekitar 2 jam.

Sementara jika berangkat dari Medan Sumatera Utara, jarak tempuh sekitar 8 jam hingga ke Ibu Kota Aceh Singkil. Bagi wisatawan yang berangkat dari Medan juga dapat memilih terbang dengan pesawat ke kabupaten ini.

Masyarakat setempat akrab menyebutnya dengan Baby Island. Pulau itu tidak berpenghuni, namun menyimpan panorama pantai yang memanjakan mata, menjadi tempat persinggahan bagi ribuan burung camar. Sungguh pemandangan tersebut sangat memanjakan mata.

Konon sejarahnya, dulu pulau itu ditumbuhi dengan beberapa pohon kelapa. Namun, ketika tsunami memporak-porandakan Aceh pada 2004 silam, serta gempa tektonik mengguncang Nias pada 2005 membuat pulau itu hilang tenggelam karena terjadi penurunan daratan.

Sejak peristiwa itu, Baby Island tidak lagi terlihat pandangan mata dari perairan Pulau Banyak. Tenggelam bertahun-tahun, baru pada 2014 pulau itu muncul kembali. Namun menariknya, pulau itu baru bisa kelihatan ketika air laut pasang surut selama 2 jam sehari. Yang menampakkan bentuknya hanya berupa dataran pasir putih halus, pasir khas Pulau Banyak.

Begitu pulau ini kelihatan pada siang hari, ribuan burung camar yang berada di tengah laut mendekat dan singgah ke sana. Keberadaan burung-burung yang bermain di sana menjadi salah satu pemandangan yang siap memanjakan mata.
(Foto: lifestyle.okezone.com)

Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung ke sana juga dapat melakukan snorkeling di pinggir Baby Island. Selain itu, pelancong juga dapat melihat detik-detik pulau kembali tenggelam saat air pasang. Tak jauh dari Baby Island, juga terdapat sejumlah pulau lain seperti Pulau Palambak, Pulau Rangik, dan Pulau Panjang.

Sekedar informasi, kepulauan banyak merupakan destinasi wisata bahari yang terbilang komplit. Setidaknya, ada sekitar 63 pulau yang diantaranya berukuran kecil dan tak perpenghuni. Jika pengunjung ingin berselancar, Kepulauan Banyak menyediakan lokasi di Ujung Lolok dan Pulau Bangkaru. Karena di sana kualitas ombaknya sangat bagus dan berstandar internasional.

Sumber: dari berbagai sumber

#BabyIsland
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Aceh, Baby Islan, Indonesia, Muncul 2 Jam Sehari, Pulau Unik, Sumatera Utara, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares