Pendaki Wonosobo Ini Bersihkan Gunung Indonesia dari Sampah Botol Air Seni

Banyak orang yang mengikarkan diri sebagai ‘pecinta alam’ namun ternyata masih banyak orang yang tak menjalankan janjinya sepenuh hati, terutama orang Indonesia.

Disamping itu, masih banyak juga pendaki yang patuh untuk tak buang sampah sembarangan di gunung. Seperti pria ini, dengan suka rela mau membersihkan tumpukan sampah yang ada di gunung.

Menariknya, aksi sosial yang dilakukan oleh sekelompok pria ini viral di media sosial. Foto dan video tersebut menjelaskan tentang seorang pendaki bersama teman-temannya sedang membersihkan botol-botol berisi air seni yang ditinggal begitu saja di gunung. Pria tersebut bernama Iwan, dengan akun Instagram @iwan_degleng.

Hal itu yang ditemukan oleh Iwan pria asal Wonosobo, Jawa Tengah, saat mendaki ke gunung. Ia melihat tumpukan sampah menghilangkan estetika dari keindahan gunung.

Iwan yang melihat banyaknya sampah yang berserakan sepanjang jalan menuju puncak, hatinya tergerak untuk melakukan aksi membersihkan gunung. Tak sendiri, ia mengajak sejumlah temannya untuk ikut bergabung membersihkan gunung.

ketika bisa melihat tapi pura pura buta. pernah ada yg bilang nyari sensasi doang dan pencitraan.? pernahkah kalian merasa malu? dengan kerennya bawa cerrier gede tapi sampah di tinggalin gunung. bukan kah di tinggalin itu sakit ?#eaaak. ini adalah tanggung jawab kita bersama. (DI BALIK FOTO KEREN DI GUNUNG) kangen wanginya itu ?? @andhyka_basituo @setan_sindoro @disie_adventure @andiasuherman . ?. di gunung @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #wonosobohitz #muncakid #urbanhikers #parodigunung

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on

Dilihat SUKITA ID dari berbagai sumber dan akun Instagramnya, Iwan mengunggah video yang menampilkan begitu banyaknya sampah botol yang dibuang sembarangan di sebuah gunung di Indonesia.

“Bukan bir, apalagi minuman bersoda, ini adalah air kencing manusia yang dimasukin ke botol sampai berbulan-bulan sampak gak dibawa turun, baunya nyengat. Tolonglah kita jaga bersama alam kita, tempat ngopi kita. Sayang nama pendaki kalau kelakuan masih seperti ini,” ujarnya dalam video tersebut.

Dalam video yang diunggah hari Rabu (21/2) itu, Iwan memperlihatkan tumpukan botol bekas yang masih banyak terisi air kencing. Ia lalu mengeluarkan cairan kuning pekat bahkan sudah mulai terlihat coklat berbusa itu dari dalam botol-botol.

di samping foto keren di gunung masih banyak yg nggk peduli tentang alam kita, yg seharusnya kita jaga bersama. seperti menjaga doi #eaaak apa yg kau cari? cuma foto keren? biar di repost sama admin dan nambah followers? naik gunung nggk sebercanda itu.? yaaaa kalau masih mau seenaknya sendiri mendingan dirumah aja dan ngumpet di ketiak ibu. jangan mau enaknya doang, kasian nama pendaki klo kelakuan masih begitu. . ?. di gunung . @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #muncakid #urbanhikers

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on

“Di samping foto keren di gunung masih banyak yang gak peduli tentang alam kita, yang seharusnya kita jaga bersama,” tulisnya di caption.

Video ini telah ditonton lebih dari 500 kali dan mendapat berbagai komentar. Banyak yang prihatin melihat masih banyak pendaki yang tak bertanggung jawab membuang sampah masing-masing.

Dalam unggahan lainnya, Iwan juga upload foto tumpukan botol yang berisi air seni. Ia bersama-sama temannya mengumpulkan sampah yang banyak tersebut untuk dibawa turun. Di buang ke tempat sampah yang semestinya.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya dalam caption foto tersebut.

Netizen pun mendukung aksi bersih-bersih yang dilakuka Iwan. Tak sedikit yang menyampaikan dukungan lewat kolom komentar.

“Luar biasaaa. Semoga terbalaskan dengan berkah bro,” tulis @hardia***ahdharma.

“Semangat bang.. Semoga mereka sadar akan pentingnya alam yang harus dijaga,” kata @eko***setyo019.

Banyak media yang berusaha mencoba menghubungi Iwan untuk mencari tahu lebih jauh soal aksi sosialnya ini, namu belum ada respon dari pihak Iwan sendiri.

#PendakiWonosobo

#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares