Mari Kita Selamatkan Bumi, Sebelum Bumi Tenggelam

Ada yang tahukah hari ini diperingati sebagai hari apa? Yups, tepat hari ini dunia memperingati Hari Ozon Internasional 2018. Mengapa perlu adanya peringatan Hari Ozon Internasional?

Menurut sumber yang SUKITA ID ketahui, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Internasional, sesuai dengan tanggal Protokol Montreal, 16 September 1987. Maksud dari penetapan peringatan itu untuk selalu mengingatkan kepedulian masyarakat internasional tentang lapisan perisai bumi tersebut. Penandatanganan perjanjian ini menindaklanjuti persetujuan umum pertama yang diadakan pada tahun 1985, persetujuan yang sikenal sebagai “Konvensi Vienna untuk Perlindungan Lapisan Ozon”, yang merupakan perjanjian untuk melindungi lapisan ozon. Penandatanganan Protokol Montreal ini ditandatangani oleh 188 negara diseluruh dunia.

Anyway, apa teman-teman SUKITA ID merasakan kalo akhir-akhir ini bumi semakin panas. Bahkan, panasnya itu sudah tidak bisa ditahan lagi, cuaca yang ekstrim ini tentu sangat mengganggu kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini.

Misalnya saja, kamu keluar rumah lebih dari jam 9 pagi, pasti suhu disekeliling menjadi sangat panas. Sehingga, tidak kuat berlama-lama beraktivitas di luar rumah, karena suhunya yang panas sekali. Pernahkah teman-teman SUKITA ID memikirkan, apakah teman-teman masih bisa merasakan suhu udara yang sejuk dan segar seperti waktu kecil dulu?

Apa mungkin? Sepertinya sulit ya merubah suhu bumi menjadi sejuk lagi seperti dulu kala. Mungkin hal ini dikarenakan, manusia zaman sekarang sudah tidak mempedulikan lingkungannya, sehingga suhu bumi semakin panas seperti ini.

Menurut kabar yang beredar, suhu bumi semakin panas karena lapisan ozon semakin menipis dan bolong-bolong. Peristiwa ini diakibatkan dari banyaknya penduduk di muka bumi yang menggunakan fasilitas yang ada di bumi secara besar-besaran tanpa mengenal penghematan. Sehingga akibat dari penggunaan yang berlebihan ini, suhu bumi terperangkap di bumi dan menjadikan bumi semakin panas.

Perlu teman-teman ketahui suhu bumi yang semakin panas ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah :
(Foto : sahabatlae.blogspot.com)
Banyaknya rumah kaca yang dibangun

Kadar karbondiosida (CO2) meningkat, sehingga panas matahari terjebak dibumi. Hal inilah yang mengakibatkan suhu bumi semakin panas, baik di darat maupun di laut.

Konsumsi bahan bakar fosil yang berlebihan

Industri atau pabrik menempatkan posisi pertama yang menyumbangkan gas emisi karbon yang dapat mengakibatkan bumi semakin panas. Lalu, posisi kedua ditempatkan oleh transportasi. Menurut Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral tahun 2003, konsumsi energi bahan bakar fosil memakan 70% dari total konsumsi energi, sedangkan listrik menempati posisi kedua dengan memakan 10% dari total konsumsi energi. Selain itu, emisi gas rumah kaca yang ada di Indonesia sebesar 24,84% dari total emisi gas rumah kaca dunia.

Hutan beralih fungsi

Salah satu hal yang menjadi meningkatnya panas suhu bumi adalah banyaknya hutan yang beralih fungsi menjadi lahan bisnis perumahan. Selain itu, banyak hutan yang terbakar karena panasnya suhu bumi yang sudah diluar batas normal. Hampir semua es di kutub juga sudah bereaksi menjadi cair, sehingga kita tidak punya banyak waktu untuk menjadikan bumi tetap sehat. Hal penting yang harus kita lakukan adalah menghentikan segala aktivitas yang membuat lapisan ozon bumi menipis dan bocor, sehingga kita bisa memiliki waktu untuk bernafas dalam beberapa waktu kedepan.

Itulah ulasan pendek dari SUKITA ID mengenai lapisan ozon. Mari kita selamatkan bumi kita sebelum bumi ini tenggelam, kalo bukan kita siapa lagi?

Sumber : csrpdamkotabogor

#SelamatHariOzonInternasional
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Gerakan Anak Muda, Hari Lapisan Ozon Internasional, Selamatkan Bumi Kita, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares