Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristen Seluruh Dunia!

Adapun tanggal yang pasti mengenai peristiwa Jumat Agung tidak dicatat dalam alkitab, namun dari berbagai data penelitian serta perkiraan, peristiwa Jumat Agung diyakini terjadi pada tahun 33 atau 34 Masehi.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan dari berbagai sumber, Hari Jumat Agung selalu jatuh 2 hari sebelum Hari Raya Paskah, yaitu hari peringatan kebangkitan Yesus (sesuai dengan alkitab perjanjian baru, karena dalam perjanjian lama hari raya paskah dikaitkan dengan peringatan pembebasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir). Hari Raya Paskah jatuh pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama paskah.

Pada kenyataannya Jumat Agung adalah peringatan saat Yesus Kristus disalibkan dan wafatNya di Bukit Golgota setelah diadili oleh Mahkamah Agama Yahudi. Setelah menjalani penyiksaan dan penderitaan akhirnya Yesus mati di atas kayu salib.
(Foto: blog.authorstream.com)

Kematian Yesus di atas kayu salib itu diimani oleh umat Kristen sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia, maka itulah disebut sebagai Jumat Agung.

Hari Jumat Agung bukanlah momen untuk berduka cita melainkan sebuah momen yang penuh cinta. Hari Jumat Agung merupakan hari yang mana Yesus Sang Juru Selamat wafat di salib, menyerahkan nyawa-Nya untuk menyelamatkan umat-Nya. Hal ini sudah tentu karena cinta-Nya yang sangat mendalam akan dan kepada umat-Nya.

Sesuai dengan nubuat yang tertulis di Alkitab, setelah Yesus mati dan dikuburkan, maka pada hari ketiga, yaitu Hari Minggu diceritakan Ia bangkit dari kematian-Nya. Kebangkitan Yesus itu memberi bukti bahwa Yesus adalah anak Allah yang mampu menaklukkan penderitaan dan maut.

Menurut Alkitab, manusia gak bisa lepas dari belenggu dosa-dosanya. Gak ada yang bisa mereka lakuin buat lari dari hukuman-hukuman di neraka. Bahkan mereka sudah sepantasnya dihukum dan menerima murka Allah.

Bagikan gemala dan domba-dombanya, tuhan gak diam dan gak membiarkan umat-umatNya jatuh ke dalam dosa. ‘’Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yohanes 3:13).

Itulah kenapa kebangkitan Yesus ini disebut Paskah yang bertepatan dengan Hari Minggu.

Sumber: vokamo

#SelamatJumatAgung
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Jumat Agung, Makna, Peringatan, SUpayaKItaTAhu, Umat Kristiani

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares