Makna dan Tujuan Hari Krida Pertanian Nasional yang Jatuh pada Hari Ini

Apa teman-teman SUKITA ID sudah tahu jika hari ini diperingati sebagai Hari Krida Pertanian Nasional? Yup, jika kalian belum tahu SUKITA ID akan memberikan penjelasannya ke teman-teman semuanya. Tanggal 21 Juni merupakan Hari Krida Pertanian yang senantiasa diperingati oleh masyarakat pertanian yaitu para petani, peternak, pegawai, dan pangusaha yang bergerak di sektor pertanian.

Tujuan diambilnya tangal 21 Juni ini mempunyai latar belakang seperti ini :

  1. Ditinjau dari sisi astronomis, pada tanggal 21 Juni adalah posisi matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, berada pada garis Balik Utara (23 ½ ° LU), pada saat itu keadaan proses produksi tanaman berakhir dan akan dimulai untuk persiapan produksi selanjutnya sehingga para petani akan menyatakan syukur atas panen raya.
  2. Berdasarkan sistem pembagian musim yang disebut Pranata Mangsa, yaitu suatu sistem pembagian musim (12 musim) yang diuraikan secara lengkap meliputi hujan, angin, serangga, penyakit ungags, dan lain sebagainya. Sehingga tanggal 21 Juni dianggap sebagai permulaan musim dan masa yang baik untuk penanaman kembali.
Dengan demikian bulan Juni merupakan bulan yang penting bagi masyarakat pertanian. Masyarakat pertanian pada bulan-bulan panen itu selalu membuat perhitungan neraca atas usahanya, menyampaikan puji syukur atas hasil yang diperolehnya serta mengevaluasi kelemahan dan kekurangan-kekurangannya untuk selanjutnya dicari langkah-langkah penanggulangannya.
(Foto :asrulhoesein.blogspot.com)

Hari Krida Pertanian pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti. Setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni para petani, peternak, pegawai, dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian.

Pada hari tersebut masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkanNya berupa kekayaan alam yang melimpah seperti bumi, air, matahari, iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral-mineral yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia.

Nah, kalo kamu bagaimana memaknai Hari Krida tahun ini? Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap semangat untuk membangun berbagai sektor di Indonesia ya, have a nice day.

#SelamatHariKridaNasional
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Hari Krida Nasional, Makna dan Tujuan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares