Kuliner Tradisonal, Inilah 5 Masakan Khas Sumatera Utara yang Terkenal Paling Enak

Jika kamu pecinta wisata kuliner, tidak ada salahnya berkunjung ke Sumatera Utara (Sumut). Cita rasa dan bumbu khas Sumut langsung terasa di lidahmu. Menjajal kuliner tradisional di sana sulit untuk dilupakan.

Sudah sejak lama kuliner khas Sumut menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Berikut ini SUKITA ID akan membahas tentang 5 kuliner tradisional khas Sumut yang bisa mengunggah selera makanmu.

Sambal Tuktuk
(Foto: apakabarsidimpuan.com)

Sambal Tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak, yang berasal dari Tapanuli. Bahan-bahan untuk membuat sambal tuktuk tidak berbeda dengan sambal pada umumnya. Sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), tapi jika tidak menemukan ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan teri tawar.

Arsik
(Foto: gowest.id)

Arsik merupakan salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa bahan rempah dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang)

Ayam Napinadar
(Foto: pemudafm.com)

Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat. Membuat resep yang satu ini agak sedikit rumit, butuh waktu dan kesabaran. Pastinya inti dari masakan ini adalah pada saos darah ayam itu sendiri.

Kue Ombus – Ombus
(Foto: newtapanuli.com)

Jajanan khas Batak ini berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue ombus-ombus terbuat dari tepung beras yang diberi gula ditengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Nama ombus-ombus konon berasal dari cara membuatnya yang harus diberi tiupan (menghembuskan nafas) ketika memakannya dan kue ini enak dimakan saat masih hangat

Dali ni Horbo
(Foto: brilio.net)

Dali ni Horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional dan merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli. Konon tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali sudah dimulai oleh leluhur orang Batak sejak adanya komunitas Batak.

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dengan kelezatannya serta cita rasa yang sangat tinggi. Selamat mencoba!

Sumber: brilio

Tags: Info Kuliner, Kuliner Tradisional, Sumatera Utara, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares