Konon, Masjid-Masjid Ini Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi di Indonesia!

Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas memeluk agama Islam paling besar di dunia. Tak heran jika banyak sekali peninggalan sejarah yang merupakan sebuah masjid.

Masjid merupakan tempat suci untuk beribadah bagi umat Islam. Masjid tidak sekedar dijadikan sebagai sarana ibadah, sebuah masjid juga menjadi symbol kebesaran dakwah bagi umat Islam.

Di Indonesia terdapat banyak sekali masjid. Masjid-masjid tersebut ada yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki masjid yang menjadi kebanggaan bagi warganya.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan, dahulu kala, saat masa kerajaan-kerajaan Islam berkuasa di Indonesia, para pemimpin kerajaan kala itu banyak membangun masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim. Masjid-masjid zaman kuno memiliki keindahan dan arsitektur khas, dimana pada zaman modern sekarang sudah mulai banyak ditinggalkan.

Namun, bukan berarti bahwa kekunoan bentuk masjid menjadikan nilai keindahannya ikut hilang, justru nilai historisnya yang menjadi lebih kental, dan membuat banyak umat muslim di Indonesia bahkan luar negeri selalu ingin mengunjunginya sebagai wisata religi atau memang sengaja ingin beribadah di sana.

Saat ini banyak juga masjid yang dijadikan tempat wisata menarik bagi para pelancong. Baik pelancong dalam negeri maupun pelancong mancanegara. Terkadang masjid tersebut menjadi tempat wisata, karena masjid itu memiliki nilai sejarah bagi umat muslim dan masyarakat lokal.

Nah, tahukah kamu di Indonesia ada banyak sekali masjid-masjid yang memiliki nilai sejarah yang kental. Seperti apa? Langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh
(Foto: youtube.com)

Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Kemegahan masjid ini sudah sangat mendunia. Arsitekturnya sangat kental khas Aceh membuat masjid ini menjadi icon bagi Aceh.

Tetapi dibalik kemegahannya masjid ini menyimpan banyak kisah-kisah menakjubkan pada tahun 2004 lalu, yaitu saat Tsunami dahsyat memporak-porandakan Kota Aceh masjid ini tetap berdiri kokoh dan anggun, bahkan uniknya banyak para warga yang berlindung di dalam masdjid ini.

Masjid Istiqlal, Jakarta
(Foto: Masjid Istiqlal, Jakarta)

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara ini dibangun pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1978, dengan pemrakarsanya Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

Masjid ini juga kerap disorot dan dijadikan icon untuk berbagai acara keagamaan Islam, mulai shalat tarawih sampai shalat Idul Fitri yang kerap disiarkan secara langsung.  Sehingga membuat setiap orang yang mengunjungi Jakarta terasa tak lengkap tanpa mampir ke masjid ini.

Masjid Menara, Kudus
(Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Pada tahun 1549 salah seorang wali songo yaitu Sunan Kudus, membangun sebuah masjid lengkap dengan menaranya yang khas di Kudus. Saat itu, Sunan Kudus sering berdakwah dan mengajarkan ilmu agama kepada warga dan mudah diterima oleh warga Kududs yang mayoritas beraga Hindu-Budha.

Masjid Agung, Demak
(Foto: travel.detik.com)

Masjid Agung Demak dibangun pada tahun 1466, dan masih berdiri kokok serta anggun sampai sekarang. Masjid ini juga terkenal sebagai salah stau icon terkuat sejarah penyebaran agama Islam  yang dilakukan oleh Wali Songo.

Masjid Kotagede, Yogyakarta
(Foto: bakpiakukustugu.co.id)

Pada tahun 1640, raja Kerajaan Mataram yang bernama Sultan Agung mendirikan sebuah masjid di Kotagede Yogyakarta. Masjid ini kemudian menjadi masjid tertua dan menyimpan nilai historical yang sangat kental bagi pedudukYogyakarta.

Ya, itulah beberpa bangunan masjid tertua yang memiliki nilai-nilai sejarah penting bagi umat Islam di Indonesia. Untuk menjaga nilai sejarah dan keberadaan masjid-masjid ini tidak ada salahnya mulai sekarang kita ikut menjaga dan merawatnya  sebagai bekal masa depan anak-anak dan cucu kita.

Sumber : boombastis

#MasjidBersejarahIndonesia
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Indonesia, Info Travel, Masjid Bersejarah, Religi Ramadan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share