Kompensasi Khusus Buat Penumpang Jika Telat Terbang

Kompensasi Khusus Buat Penumpang Jika Telat Terbang

Haii kamu pasti pernah ngalamin delay pesawat kan? Lama dan sangat membosankan pasti rasanya. Kira-kira apa sih yang kamu dapatkan dari pihak maskapai saat delay? Hari ini SUKITA ID mau membahasnya, yuk disimak.

Terkait dengan keterlambatan angkutan udara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan) menjelaskan definisi keterlambatan sebagai berikut:

Menurut Pasal 2 Permenhub 89/2015, keterlambatan penerbangan pada bagian badan usaha angkutan udara niaga berjadwal terdiri dari:

  • Keterlambatan penerbangan (flight delayed).
  • Tidak terangkutnya penumpang dengan alas an kapasitas pesawat udara (denied boarding passenger), dan
  • Pembatalan penerbangan (cancelation of flight).
(Foto: google.co.id)

Dalam hal terjadinya keterlambatan penerbangan (Flight delayed) Badan Usaha Angkutan Udara wajib memberikan kompensasi dang anti rugi kepda penumpangnya.

Berikut ketentuan kompensasi dalam kategori keterlambatan sesuai dengan PM 89 tahun 2015, yaitu:

  • Kategori 1, keterlambatan 30 menit s/d 60 menit, kompensasi berupa minuman ringan.
  • Kategori 2, keterlambatan 61 menit s/d 120 menit, kompensasi berupa minuman dan makanan ringan (snack box).
  • Kategori 3, keterlambatan 121 menit s/d 180 menit, kompensasi berupa minuman dan makanan berat (heavy meal).
  • Kategori 4, keterlambatan 181 menit s/d 240 menit, kompensasi berupa minuman, makanan ringan (snack box), dan makanan berat (heavy meal).
  • Kategori 5, keterlambatan lebih dari 240 menit, kompensasi berupa ganti rugi sebesar Rp 300.000.
  • Kategori 6, badan usaha angkutan udara wajib mengalihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan selururh biaya tiket (refund ticket), dan
  • Keterlambatan pada kategori 2 sampai dengan 5, penumpang dapat dialihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (refund ticket).

Untuk ganti rugi keterlambatan kategori 5 yakni kompensasi sebesar Rp 300.000 wajib diasuransikan kepada perusahaan asuransi sesuai ketentuan yang berlaku. Dan ketentuan ganti rugi dapat diberikan berupa uang tunai atau voucher dapat diuangkan atau melalui transfer rekening, selambat-lambatnya 3 x 24 jam sejak keterlambatan/ pembatalan penerbangan.

Jadi, memang dalam berbagai kondisi seperti di atas tersebut, penumpang berhak dipindahkan ke penerbangan lain (mendapat tiket penerbangan lain), selain mendapatkan makanan dan minuman. Dan ada pula beberapa hal yang menyebabkan Badan Usaha Angkutan Udara dibebaskan dari tanggung jawab misalnya karena faktor teknis operasional seperti faktor cuaca, kerusuhan dan atau demonstrasi di wilayah Bandar udara.

Sumber: hukumonline.com dan [email protected] Perhubungan RI

#KompensasiDelayed
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kementrian Perhubungan RI, Kompensasi Delay Pesawat, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares