Keunikan Restoran di California, Pekerjakan Robot Sebagai Karyawan!

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Miso Robotics, resmi memperkenalkan bentuk final dari Flippy, robot yang mampu memasak hamburger.

Flippy diluncurkan dalam ajang Disrupt 2017 yang diselenggarakan di San Fransisco pada 18 – 20 September 2017. Dalam ajang tersebut untuk pertama kalinya juga Flippy memperlihatkan kemampuan memasaknya sendiri, setelah beberapa bulan terakhir Miso Robotics hanya mengenalkannya sebagai asisten memasak di dapur.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID ketahui, bentuk dari robot ini adalah sebuah lengan robot industrial, sama seperti pada awal pengenalannya. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada spatula yang dapat berputar.
(Foto: panggungberita.panggunginspirasi.com)

Sebelumnya tangan robot ini hanya memiliki fungsi untuk menggenggam. Selain itu, berkat Artificial Intelligence (AI) yang tertanam di dalamnya, Flippy mampu membedakan keju, roti, hingga daging yang sudah matang atau belum.

Sebuah restoran cepat saji CaliBurger di Pasadena, California, memperkerjakan robot Flippy ini sebagai pembuat burger. Bukan berarti peran para pekerja manusia di restoran itu akan tergeser atau tergantikan. Flippy malah mempermudah pekerjaan mereka karena ia hanya bertugas selama giliran makan siang.

Robot yang dilengkapi dengan spatula tersebut memang tak bisa bekerja sendiri. Harus ada pekerja manusia yang menempatkan daging burger di atas pemanggang sebelum Flippy membalik (flip) burger dan menempatkannya di atas roti.

“Penerapan sistem robotik berbasis kecerdasan buatan akan mendukung karyawan kami di CaliBurger untuk membuat makanan lebih cepat, lebih aman, dan dengan sedikit kesalahan,” kata Hohn Miller, Chairman Cali Group.

David Zito, CEO Miso Robotics, menginformasikan bahwa pemasangan Flippy di setiap restoran menghabiskan biaya 60 ribu dolar AS (Rp 824 jutaan). Ia berargumen, masyarakat tak perlu khawatir robot akan ‘mengalahkan’ manusia.

“Dapur masa depan akan masih berisi manusia, tetapi mereka ditemani para robot. Teknologi ini tidak mengambil alih pekerjaan, tetapi memudahkannya,” ungkap Zito, dikutip dari laman Daily Mail.

Sayang, banderol Flippy terbilang mencengangkan. Pasalnya sang pembuat menawarkan robot ini di angka ESD 60 ribu atau setara Rp 800 juta (USD 1 = Rp 14.000). bahkan harga ini masih bisa naik mengingat Miso Robotic akan berencana untuk menambahkan beberapa fitur baru, seperti AI yang mampu beradaptasi terhadap perubahan menu.

Meski begitu, CaliBurger berencana melakukan pre-order Flippy untuk memenuhi kebutuha mereka di 50 restoran miliknya mulai 2018.

#RobotFlippy
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares