Kereta Uap Kuno Ternyata Masih Ada di Negara Ini, Loh!

Tahukah traveler jika masih ada kereta uap dan yang terakhir beroperasi di China. Warga lokal dan turis tentunya masih bisa menggunakannya. Dilansir SUKITA ID dari CNN Travel, Selasa (6/2/2018) Kereta Uap ini bernama Jiayang, letaknya ada di Provinsi Sichuan yang masih terus beroperasi tanpa henti sejak tahun 1959.

Kereta Uap Jiayang adalah investasi China yang ada di bagian pedalaman barat Chengdu, Ibu Kota Sichuan. Daerah ini sedang booming dan terkenal dengan pandanya yang lucu hingga makanan pedasnya.

Chengdu memang sedang memperkuat citranya sebagai salah satu kota tujuan wisata utama. Hanya dua jam dari kota metropolitan berpenduduk 14 juta orang ini, ada kawasan yang seolah-olah tidak tersentuh oleh peruahan ekonomi yang telah mengubah begitu banyak kehidupan di China selama 35 tahun terakhir.

Adalah Bagou, sebuah kota batubara yang populasinya menurun drastik dari 20.000 orang menjadi 1.500. hal ini terjadi di tahun-tahun sejak berhentinya penambangan di China. Perkembangan Bogou dari tahun 1963 amat pesat dengan dibangunnya auditorium pekerja yang luas, pondok penambang yang beberapa di antaranya dibangun oleh Inggris pada tahun 1930-an, sekolah, dan rumah sakit. Namun kini semuanya kosong dan dalam keadaan rusak parah.

Kembali ke jalur rel Kereta Uap Jiayang, fasilitas umum itu dibangun untuk menghubungkan Bagou dengan kota sungai Shibanxi pada taun 1958. Ada enam pemberhentian sepanjang rute 19,8 kilometer itu.

Kereta Uap Jiayang utamanya digunakan untuk pengangkutan batu bara, namun tetap memberikan layanan bagi para penumpang. Bahkan, sampai tahun 2012 tidak ada jalan ke Bagou dan hanya bisa dicapai dengan Kereta Uap Jiayang.
(Foto: helenbea.blogspot.co.id)

Harga tiket Kereta Uap Jiayang bagi turis adalah Rp 170 ribu atau RMB 80. Bagi penduduk setempat juga dikenakan biaya sebesar RMB 0,5 atau Rp 1000.

Jika traveler berminat menjajal Kereta Uap Jiayang ada gerbong ber-AC dan biasanya akan berhenti di Jiaoba yang memungkinkan penumpang memotret bagian yang paling indah dari rute kereta.

Mesin Kereta Uap Jiayang yang masih beroperasi ada enam buah yang masih bekerja dan diservis di Shibanxi. Sebagian besar penumpang, baik penduduk lokal maupun turis akan turun di Bagou, namun ada pemberhentian yang paling menarik, yakni di pemberhentian terakhir, Huangcun.

Di sana traveler bisa melihat slogan dan karya seni berupa lukisan Revolusi Budaya yang menghiasi bangunan tepat di samping platform. Bagi para pecinta sejarah seakan wajib mengunjungi destinasi ini.

#KeretaUap
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kereta Uap Jiayang, Pedalaman China, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares