Inilah Tempat Makan Langganan Presiden Jokowi di Kota Solo

Ayam goreng legendaris ini sudah sejak lama jadi favorit Presiden Jokowi dan keluarga. Disajikan panas dengan sambal blondo yang pedas dan gurih.

Sambal blondo merupakan andalan Mbah Karto. Blondo adalah tahi minyak yang dibuat dari santan kental yang dimasak dengan api kecil hingga terbentuk minyak kelapa dan endapan kental. Areh yang kental mengendap kemudian dimasak lagi hingga menjadi agak kering berminyak kental. Rasanya gurih dan sedikit manis.

Letaknya sekitar 10 km dari Kota Solo, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo,tepat berada di depan kantor PLN dan menempati bangunan joglo kayu khas Jawa. Di dalamnya berisi meja dan bangku kayu panjang, dengan cungkup joglo yang khas. Beragam foto orang penting berjajar di dindingnya, termasuk foto Pak Jokowi.
(Foto: petatempatwisata.com)

Di Kota Solo dan sekitarnya banyak bertebaran rumah makan ayam goreng dengan beragam versi. Tetapi Mbah Karto beserta anak-anaknya bertahan mengelola rumah makan ini.

Seperti yang dilansir SUKITA ID dari berbagai sumber, Presiden Joko Widodo dan keluarga termasuk penggemar ayam goreng gaya tradisional ini. Sejak sebelum menjabat sebagai Walikota Solo, Pak Jokowi sering mampir bersantap.

Nah, belum lama ini dalam akun Instagramnya @Jokowi, Presiden Jokowi menulis ‘Wisata Kuliner’ di Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto, Jetis Sukoharjo. Kalau ke sini menu favorit saya ayam goreng dengan sambal blondo (sambel yang hiam). Enak sekali. Yang belum pernah, ayo dicoba’.
(Foto: jogja.tribunnews.com)

Menu yang jadi andalan sesuai dengan namanya, ayam goreng kampung. Ayam kampung yang sedang usianya sekitar 3 bulan dibumbui bacem, bawang putih dan rempah, diungkep di atas api kayu bakar. Konon cara masak ini yang bikin ayam gorengnya sedap.

Bisa pilih ayam potongan per ¼ ekor, kepala, hati dan ampela ayam. Setelah diungkep ayam digoreng dan disajikan dengan nasi putih, urap sayuran, lalapan, dan sambal.

Jangan berharap ayamnya empuk sekali, karena memakai ayam kampung jadi agak sedikit liat. Rasanya gurih sedikit manis, enak dicocol dengan sambal bawang atau sambal blondo.

Blondo ini kemudian diberi bumbu cabai dan bawang. Rasa gurih pedas sambal blondo ini paling pas dicocol dengan ayam goreng. Ini yang sering bikin orang ketagihan, termasuk Presiden Joko Widodo. Apalagi kalau diselingi mengunyah lalapan yang berupa tauge pendek, kemangi, kacang panjang dan mentimun.

Buat penyuka rasa pedas sambal bawang yang disajikan bisa jadi cocolan. Pedasnya lebih nendang dengan harum bawang yang enak. Kalau menyantap ayam goreng ini tentu paling afdol pakai tangan.

Untuk meredam rasa pedas bisa minum es jeruk, es beras kendur, es kunyit asam dan minuman dingin lainnya. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000 langsung bisa menikmati ayam goreng berikut minumannya. Kata sang pemilik, menu yang biasa dipesan Presiden Jokowi adalah ayam goreng plus sambal blondo dengan minuman es the manis.

Kalau lagi berlibur di sekitar Solo, kamu bisa nih mampir bersantap di sini. Murah, sedap, dan mengenyangkan. Oiya, kalo kamu baru pertama kali kesana di bawah ini ada alamat lengkapnya buat panduan kamu mencari lokasi alamat. Yuk mampir!

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel
Jl. Jaksa Agung R Suprapto No. 8, Sukoharjo
Depan PLN Sukoharjo
Telpon : 0851-00080464
Solo, Jawa Tengah

Sumber: detik

#AyamGorengMbahKarto
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares