Inilah Pesona Keindahan Pulau Belitung yang Tak Terlupakan!

Belitung adalah bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terdiri dari 189 pulau besar dan kecil, Pulau Belitung yang terbesar dengan panjang 79 km dan lebar 77 kilometer persegi. Seperti halnya Pulau Bangka maka hampir semua pantai dan pesisir di Belitung kaya dengan sumber daya perikanan.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.tanjung Pandan adalah Ibukota Belitung dan sekaligus sebagai pintu gerbang untuk masuk ke pulau ini.

Kota yang terletak di pantai barat Pulau Belitung ini bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan pesawat udara dari Jakarta. Jika lewat laut, wisatawan dapat menumpang Kapal Cisadane dari pelabuhan Sunda Kelapa dengan memakan waktu sekitar delapan jam. Tiket kapal terdiri dari dua kelas, kelas eksekutif dengan tarif Rp 250.000 dan kelas bisnis Rp 225.000.

Banyak lokasi strategis untuk pemancingan, namun kegiatan unik dan spesifik lainnya adalah menangkap kepiting rajungan dan cumi-cumi di antara pantai dan jajaran pulau karang. Berbagai ikan hias seperti Napoleon, ekor kuning dan ikan Lepuk juga banyak ditemukan di Belitung.

Saat ini, banyak wisatawan yang datang untuk bersantai dan bermalas-malasan di pantai Pulau Belitung yang sangat indah. Pulau Belitung menawarkan banyak tempat wisata, berikut ini SUKITA ID sudah merangkumnya secara khusus untuk kamu semua beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Pulau Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi
(Foto: situswisataindo.blogspot.co.id)

Pantai ini terkenal lewat film Laskar Pelangi. Berada di sisi utara Pulau Belitung atau 37 km dari ibukota Tanjung Pandan. Bentuknya menyerupai lekukan busur dan batu granit tampat seperti sudah diatur, dan gelombang arusnya sangat kecil sehingga aman untuk bermain di pantainya.

Pulau Kepayang – Babi
(Foto: indonesiahijausejati.blogspot.co.id)

Pulau Kepayang – Babi adalah tempat pembelajaran lingkungan sekaligus restorasi terumbu karang, dan konservasi penyu. Meski demikian di sini ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, di antaranya adalah menanam terumbu karang, berenang di laut, atau berjemur. Tempat yang pas untuk kabur dari rutinitas.

Gunong Tajam
(Foto: drwox.com)

Gunung ini merupakan hutan lindung yang lebat. Di tengah hutannya terdapat Air Terjun Gurok Beraye dan ‘kolam renang’ alami. Untuk mencapai puncak, ada dua jalur yaitu jalur pejalan kaki bagi yang suka trekking, atau jalur kendaraan bermotor.

Museum Tanjungpandan
(Foto: gamaholiday.com)

Museum Tanjungpandan terletak di tengah Kota Tanjungpandan. Gedung ini peninggalan zaman Belanda dan masih terawatt rapi sampai sekarang. Di tempat ini, kamu akan melihat beberapa peninggalan benda – benda seni dan budaya masyarakat Belitung seperti tombak, keris, guci Cina zaman dulu, gerabah, meja Cina, peralatan dapur tradisional, dan lainnya.

Mercusuar di Pulau Lengkuas
(Foto: wisatabang.com)

Pulau Lengkuas berada sekitar 4 mil dari Pulau Belitung atau 40 menit dengan menggunakan kapal nelayan. Di pulau ini terdapat mercu suar yang merupakan peninggalan bangsa Belanda. Didirikan tahun 1882 dengan tinggi 50 meter.

Pantai Tanjung Kelayar
(Foto: awalnya.blogspot.co.id)

Pantai cantik ini memiliki batu-batu granit besar berada di sisi baratnya. Sementara, pantai kosong dengan pasir putihnya berada di sisi timur. Uniknya lagi ada dua batu yang berbentuk kura-kura dan burung di pantai ini.

Pulau Batu Berlayar
(Foto: wisatabang.com)

Ini hanyalah pulau kecil yang di atasnya terdapat batu besar yang bentuknya mirip layar kapal, sementara itu batu-batu granit kecil dan pasir putih di sekitarnya emmbentuk seperti kapal.

Itulah beberapa pesona keindahan dari Pulau Belitung yang wajib kamu kunjungi di liburan nanti. Happy weekend!

#PulauBelitung
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Pesona Keindahan, Pulau Belitung, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 shares